Enam Pos Ronda Diaktifkan Lagi


Selasa, 30 Juni 2015 - 19:11:49 WIB
Enam Pos Ronda Diaktifkan Lagi

Wali Nagari Koto Da­lam, Joe Aplinanda ke­pada Haluan Selasa (30/6) kema­rin menyebutkan, me­mang semua pos ronda yang ada dalam korong di nagari ini diaktifkan kembali, karena selama ini sebagian pos ronda tetap aktif. Tapi meli­hat banyaknya terjadi didae­rah lain kemalingan tentu kita harus waspada dan sebelum masyarakat kehi­langan ronda diaktifkan.

Baca Juga : Sosialisasi OPS Keselamatan Singgalang 2021, Satlantas Polres Sijunjung Bagi Takjil untuk Pengguna Jalan

Dia menjelaskan, ke­enam pos ronda itu dian­taranya, pos ronda Padang Bungo, Kampuang Lambah, Buluah Apo, Sungai Pua, Rukam dan Batang Piaman. “Semua pos ronda itu berada di Nagari Koto Dalam, dan semua ini dilakukan untuk menjaga keamanan kam­pung, dan masyarakat tentu merasa aman dengan hewan ternaknya, karena masya­rakat yang memiliki hewan ternak meletakan dekat pos ronda tersebut,” jelas Joe Aplinanda.

Kepada masyarakat kata­nya, agar meletakan hewan ternak di tempat pos ronda, karena disamping pos ronda itu disediakan tempat pele­takan hewan ternak. Dan dilokasi yang disediakan ini semua ternak masyarakat yang ada ditangung jawabkan oleh peserta ronda, kalau terjadi kehilangan hewan ternak, pemerintah nagari akan mencarikan ganti rugi­nya,” terang Wali Nagari.

Baca Juga : Terus Melonjak, Dharmasraya Sumbang 32 Kasus Positif Covid-19

Bagi masyarakat yang tidak mau meletakan hewan ternaknya ditempat yang disediakan, dan ternyata ada kehilangan atau lain seba­gainya, maka pihak nagari tidak bisa mempertangung jawaban. “Semua hewan ter­nak masyarakat, sudah dilet­akan sore hari di lokasi yang telah disediakan, dan masya­rakat yang tidak mau meni­tipkan hewan ternaknya, maka apabila terjadi kehi­langan pihak nagari tidak mencarikan ganti ruginya,” ulasnya.

Dia menambahkan, un­tuk kegiatan ronda malam ini semua pemuda yang ada dalam nagari di masing-masing korong selalu dili­batkan dan semuanya men­da­­patkan giliran. “Bagi pe­muda peserta ronda disore hari dia sudah berada di tempat pos ronda, dan bagi pemilik hewan ternak tid­ak ada dikenakan biaya, cuma ini sosial saja, de­ngan de­mi­­­kian masyarakat yang pemi­lik hewan ternak ada yang meninggalkan uang untuk beli rokok dan gula serta kopi, untuk pese­rta ronda,” tam­bahnya.(h/bus)

Baca Juga : Sejahterakan Petani Ikan di Pasaman, Diskan-BUMNag akan Menjalin MoU

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]