Payakumbuh Buka Lebar Peluang Investasi


Selasa, 30 Juni 2015 - 19:16:14 WIB

Kalau mengandalkan dana APBD semata, sepuluh tahun ke depan pembangu­nan Payakumbuh akan se­perti ini saja, tak akan me­ngalami perubahan signi­fikan. Karena itu, seluruh jajaran SKPD harus pro aktif, membina hubungan dengan para pemilik modal. “Kota ini terbuka lebar buat investor,” sebut Walikota Riza Falepi dalam rakor bulanan pemko, di aula Balaikota Payakumbuh.

Dikatakan, keterbatasan porsi DAU Payakumbuh, membuat daerah tak leluasa bergerak, membangun ber­bagai infrastruktur di kota ini. Namun, masih berun­tung, dana lokasi khusus (DAK) buat kota ini masih cukup lumayan, sehingga sejumlah pembangunan stra­tegis lainnya, seperti pemba­ngunan gedung sekolah, jalan dan irigasi, serta sektor kesehatan, masih dapat dila­kukan dengan baik.

Ia mencontohkan, pem­bangu­nan SMPN X dan ge­dung SMAN 5 serta tamba­han ruang kelas sekolah lain,  bagian dari DAK yang mengucur cukup besar buat Kota Payakumbuh. Begitu juga dengan pembangunan normalisasi Sungai Batang Lampasi dan pemeliharaan jalan lainnya.

Namun, dengan total APBD sekitar Rp600 miliar dan hampir 65 persen lebih digunakan buat belanja lang­sung, akhirnya pemko sulit melakukan pembangunan fisik atau belanja modal lebih besar. Solusinya, SKPD harus mampu melakukan kerjasama dengan  pemilik modal nasional, agar kota ini dilirik para pemilik modal, sebutnya.

Selama dua tahun ter­akhir, menurut walikota sudah banyak investor ber­da­tangan ke Payakumbuh. Sejumlah show room ken­daraan, pengusaha kuliner dan perabot rumah tangga, tumbuh pesat disepanjang Jalan Sukarno-Hatta. Kemu­dian, makin lebarnya Jalan Sudirman dan   ring road utara dan selatan,  harus disikapi positif pimpinan SKPD, agar merangkul calon investor ke Paya­kum­buh, sehingga pembangunan kota ini makin pesat, ajak­nya. (h/zkf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]