Harga Anjlok, 85 Persen Karet Sumbar Diekspor


Selasa, 30 Juni 2015 - 19:46:53 WIB
Harga Anjlok, 85 Persen Karet  Sumbar Diekspor

Fajaruddin mengatakan, hanya 15 persen produksi karet Sumbar yang digunakan perusahaan dalam negeri. “Itu pun 65 persen untuk diolah menjadi ban kendaraan roda dua dan empat,” terangnya.

Baca Juga : Di Padang, 42 Kawasan Ini Tak Boleh Menggelar Salat Ied di Masjid dan Lapangan

Menurut Fajar, dengan jumlah ekspor yang lebih banyak daripada dimanfaatkan di dalam negeri membuat harga karet sangat bergantung dengan harga pasar global. “Kalau pasar global melemah tentu yang akan merasakan dampaknya petani kita di Sumbar,” jelasnya.

Ada baiknya kata Fajar, agar kondisi ini tidak berulang, agar pemerintah lebih mengoptimalkan pengolahan karet di dalam negeri daripada diekspor.

Baca Juga : Mantap! Rutan Anak Aia Padang Bagikan Baju Lebaran untuk WBP

“Akan lebih bagus pemerintah memperbanyak perusahaan pengolahan karet di dalam negeri, tentu harga jualnya juga akan lebih terjaga dan petani bisa lebih diuntungkan,” ucapnya.

Sejauh ini Dinas Perkebunan telah melakukan berbagai upaya agar harga karet ini tidak anjlok, salah satunya dengan mengadakan pasar lelang karet dengan me­libatkan kelompok tani. Hasilnya cukup membuat harga karet stabil.

“Pasar lelang yang kita la­kukan bulan lalu, itu harga karet men­capai Ro8.000 per kilo­gramnya. Tak seperti sekarang, saya rasa itu jauh lebih efektif,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Per­da­gangan (Disperindag) Sumbar, Mudrika mengeluarkan statemen senada. Dikatakannya, me­ro­sotnya harga jual karet dise­bab­kan le­mahnya permintaan pasar global.

“Itu yang terkena dampak tidak hanya kita, semua daerah di In­donesia penghasil karet juga m­e­nga­lami kemerosotan,” tukas Mudrika kepa­da Haluan, Selasa, (30/6).

Lemahnya permintaan ter­ha­dap karet Sumbar di pasar global kata Mudrika,  disebabkan ma­suknya karet sintetis olahan negeri China sehingga berimbas kepada harga karet lokal.

“Kita ke depan akan lebih mengoptimalkan pengolahan karet di tingkat lokal melalui pengem­bangan perusahaan pe­ngolahan karet,” ujar Mudrika. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]