Banyak Transfer Masuk ke Rekening Pribadi Mardinas


Rabu, 01 Juli 2015 - 18:32:51 WIB

Seperti halnya yang disampaikan oleh saksi Asmita, yang pada tahun 2011 tersebut menjabat sebagai Kasi Akuntansi dan Pelaporan di DPRD Pessel. “Yang menandatangani SPj tersebut adalah Pengguna Anggaran yang saat itu dijabat oleh Rahmad Nelson, selaku Sekretaris DPRD Pessel dan Bendahara Afriyanti Belinda,” sebutnya.

Lain halnya dengan yang dikatakan oleh Suryati, mantan Bendahara DPRD Pessel. Menurutnya, saat pergantian jabatan dari dirinya ke terdakwa Afriyanti Belinda sebagai Bendahara, ada sisa kas sebesar Rp46 juta dari DIPA yang ia serahkan kepada terdakwa Afriyanti Belinda. “Waktu serah terima tersebut, disaksikan oleh Sekretaris Dewan (terdakwa Rahmad Nelson),” sebutnya.

Dalam sidang yang diketuai Mahyudin beranggotakan hakim anggota Irwan Munir dan Perry Desmarera ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dimas Aditiya dan Ade Surya Cs juga menghadirkan dua saksi, yakni Ade Rahmad Taufik dari pihak Bank BRI, dan Indra, dari pihak Bank Mandiri.

Dalam kesaksiannya, Ade Rahmad Taufik, yang merupakan saksi dari pihak bank BRI cabang Pessel membenarkan bahwa ada rekening pribadi atas nama terdakwa Mardinas di Bank BRI cabang Pessel ini.

Sementara saksi Indra, dari pihak Bank Mandiri mengungkapkan, pada tahun 2011 tersebut, ada sejumlah uang masuk ke rekening pribadi milik Mardinas. Beberapa uang yang masuk tersebut antara lain pada tanggal 27 Januari 2011 sebesar Rp25 juta atas nama pengirim Edi Derbi, tanggal 8 Februari masuk lagi uang sebesar Rp150 juta atas nama Novinol Edi, tanggal 21 Maret masuk lagi uang sebesar Rp60 juta atas nama Novinol Edi dan beberapa transaksi lainnya yang masuk kerekening Mardinas dari Novinol Edi. “Yang jelas ada banyak transaksi yang masuk kerekening terdakwa Mardinas di Bank Mandiri,” sebut saksi.

Unsai mendengarkan keterangan saksi, majelis hakim kemudian menunda sidang selama satu minggu dengan agenda mendengarkan keterangan saksi lainnya.

Sebagaimana diketahui, dalam dakwaan JPU sebelumnya disebutkan, akibat perbuatan ketiga terdakwa telah merugikan keuangan negara senilai Rp1,92 miliar dalam APBD pada Pos Sekretariat DPRD Pesisir Selatan tahun 2011. (h/hel)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]