Panitia Pesantren Ramadan Serbu Kantor Kesra


Rabu, 01 Juli 2015 - 18:36:50 WIB

Ahmad Muchtar, panitia pe­santren Ramadan di salah satu masjid di Padang Barat me­nga­takan, pesantren Ramadan sudah berjalan sehingga pencairan dana untuk kebutuhan proses pesantren Ramadan perlu dilakukan. Di akui Ahmad, jumlah peserta pesantren Ramadan di masjidnya saat ini lebih dari 150 orang, berkurang dari tahun lalu.

“Kan pelaksanaan pesantren Ramadan sudah separoh jalan. Jadi lebih baik kita cairkan, semakin cepat semakin baik,” ucap Ahmad Muchtar. Dika­takan­nya, untuk pelak­sanaan pesantren Ramadan me­mang seharusnya tidak dipungut biaya kepada wali murid. Karena, masih ada wali murid yang ber­tanya tentang sum­bangan pesan­tren Ramadan yang diberikan wali murid.

“Ditingkatkan satu murid itu minimal Rp80 ribu, sedangkan sekarang hanya dibantu oleh Pemko Rp15 ribu peranak,” harap Ahmad. Harapan Ahmad tidak jauh berbeda dengan Ismayanti, panitia pesantren Ramadan di Bandar Buat. Baginya, pesantren Ra­madan sebaiknya tidak dibe­ban­kan kepada orang tua. Karena, pen­didikan agama generasi muda itu tanggung jawab pemerintah juga. “Lagipula kan pendidikan di Kota Padang sudah gratis, se­dangkan pesantren Ramadan ha­nya pemindahan dari sekolah ke masjid. Pengajaran juga dibantu oleh guru dan pengurus masjid,” kata Yanti.

Namun besar harapan Yanti, guru MDA ditingkatkan tun­jangannya, karena tunjangan seka­rang belum memadai. Paling tinggi tunjangan guru MDA sekitar Rp500 ribu perbulan. Sedangkan kebutuhan hidup semakin tinggi.

Sementara Kabag Kesra Kota Padang, Al Amin menjelaskan, Pemko Padang mengeluarkan dana untuk pesantren Ramadan sebesar Rp2,1 miliar untuk 144 ribu pelajar di Kota Padang. Se­hing­ga satu pelajar mendapatkan jatah Rp15 ribu dan mentor 1.150 orang sama dengan jumlah masjid pelaksanaan pesantren Ramadan di Kota Padang.

“Sebanyak 144 ribu jiwa pela­jar di Kota Padang yang mengikuti pesantren Ramadan itu belum termasuk non muslim,” kata Al Amin. Data jumlah pelajar non muslim yang baru masuk ke Kesra baru 243 orang. “Data itu akan meningkat, karena anak non muslim yang dilaporkan baru kristen, belum non muslim lain­nya. Untuk itu, kita imbau kepada panitia pesantren Ramadan atau pengurus masjid untuk men­cair­kan dana pesantren Ramadan ke Kesra,” pinta Al Amin. (h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 26 Agustus 2016 - 04:17:51 WIB

    Panitia FSN 2016 Adakan Lomba Foto

    PADANG, HALUAN—Dalam rangka meme­riah­kan gelaran Festival Siti Nurbaya 2016 yang akan di selenggarakan pada 7 September men­datang, panitia pelaksana akan mengadakan lomba foto seputar iven terse­but..
  • Rabu, 23 Maret 2016 - 03:50:40 WIB

    Panitia Tinjau Kesiapan CBT SBMPTN Unand

    PADANG, HALUAN — Pa­nitia Pusat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Ne­geri (SB­M­PTN) 2016 mela­kukan pe­nin­jauan langsung ke Univ­ersitas Andalas terkait ke­sia­pann­ya sebagai penye­lenggara computer base.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]