Pembangunan Infrastruktur di Simpati Akan Digencarkan


Kamis, 02 Juli 2015 - 18:40:51 WIB
Pembangunan Infrastruktur di Simpati Akan Digencarkan

“Nama Kecamatan Sim­pang Alahan Mati (Simpati), memiliki sejarah tersendiri. Bukan lahan yang mati di kecamatan ini, karena Ke­camatan Simpati sangat subur. Sawah terbentang luas, lahan perkebunan pun digarap warga,” ujar Benny Utama.

Baca Juga : Sumarak Alek Nagari, Koarsa Laksanakan Sunatan Massal di Sungai Batang

Namun bagi warga dae­rah lain, mendengar Alahan Mati, seakan kecamatan ini gersang. Di satu sisi, lahan mati bisa jadi karena belum lancarnya akses antar jorong dalam nagari. Untuk arti yang satu ini, Pemkab Pasa­man sudah mengagendakan pembangunan infrastruktur yang akan menghubungkan jorong antar jorong, jalan antar nagari dan jalan ling­kar kecamatan, sehingga akses transportasi masya­rakat lancar.

Kecamatan Simpati yang dikenal dengan pusat perta­nian tersebut, merupakan kecamatan yang dime­kar­kan dari Kecamatan Bonjol. Sebagai kecamatan yang baru saja dimekarkan, pem­bangunan sudah digenjot ke Kecamatan Simpati. Namun sudah menjadi sifat dari sebuah pembangunan itu, bahwa pembangunan tidak akan pernah berhenti.

Baca Juga : BMKG Maritim Teluk Bayur: Waspadai Angin Kencang dan Gelombang Hingga 4 Meter

Tokoh masyarakat se­tem­pat, Dt Muncak, me­ngap­resiasi kedatangan tim safari yang dipimpin lang­sung oleh Bupati Pasaman Benny Utama. Kunjungan saat ini, tentu diharapkan dapat menumpangkan ha­rapan masyarakat Simpati kepada kepala daerah.

Memang tidak disam­paikan apa saja yang diminta oleh penghulu adat itu, na­mun diminta bupati ber­sama jajarannya, melalui pemerintah kecamatan, un­tuk memperhatikan sendiri apa yang patut dan prioritas dibangun di Kecamatan Sim­pati.

Meski demikian, Dt Mun­cak menyampaikan as­pi­rasi masyarakatnya, di mana pusat Kecamatan Sim­pati belumlah tampak layaknya pusat kecamatan. Hal itu dikarenakan letak kantor camat yang belum didukung oleh pelebaran jalan yang memadai. Jalan yang sempit di Kecamatan Simpati, bagi yang dapat dimungkinkan untuk pele­baran, maka sudah sepa­tutnya pula dilebarkan.

“Terima kasih banyak atas perhatian pemkab, yang selama ini sudah jor-joran membangun Kecamatan Simpati. Mulai dari fasilitas pendidikan, kesehatan dan infrastruktur jalan. Dengan program tersebut, masya­rakat sudah merasakan sen­diri, bahwa Kecamatan Simpati sudah bisa tegak sama tinggi dan duduk sama rendah dengan kecamatan lain,” pungkasnya. (h/col).

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]