Transaksi Pasar Modal Kini Melalui BI-RTGS


Kamis, 02 Juli 2015 - 18:42:28 WIB
Transaksi Pasar Modal Kini Melalui BI-RTGS

M. Noor Rachman, Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II OJK menyatakan bahwa kerja sama dan harmonisasi pengembangan semacam ini dapat dilan­jutkan untuk mendorong penguatan fondasi dan daya saing pasar modal Indonesia di dunia internasional.

Baca Juga : Hadapi Varian Baru Covid-19, Inggris Siapkan Vaksinisasi

“Dengan dukungan seluruh pihak baik regulator maupun pelaku pasar dan SRO, maka upaya pengem­bangan pasar dapat kita lakukan secara lebih efektif sehingga kita harapkan akan mendorong industri pasar modal ke arah yang lebih baik,” ujar Rachman dalan siaran pers, Kamis (2/7).

Khusus KSEI, untuk tahap pertama implementasinya wajib melakukan penyelesaian dana menggunakan sistem BI-RTGS pada semua transaksi dalam mata uang rupiah. Kedepannya seluruh Pemegang Rekening KSEI, baik Bank Kustodian dan Perusahaan Efek, akan melakukan penyelesaian dana menggunakan sistem BI-RTGS untuk semua transaksi dalam mata uang Rupiah.

Baca Juga : Varian Covid-19 India Meningkat Tajam, Pemerintah Inggris Cemas

Penggunaan sistem BI-RTGS tersebut berlaku efektif sejak 18 Juni 2015 yang diikuti oleh 20 Bank Kustodian secara serentak. Implementasi fasilitas tersebut meru­pakan tindak lanjut dari penandatanganan Addendum Perjanjian Penggunaan Sistem BI-RTGS antara KSEI dan Bank Indonesia pada 28 Mei 2015 lalu.

Direktur Utama KSEI, Margeret Tang, mengatakan alasan penerapan fasilitas penyelesaian dana transaksi pasar modal melalui bank sentral adalah untuk memenuhi syarat dari International Organization of Securities Commissions (IOSCO) sebagai asosiasi yang mengatur regulasi internasional untuk pasar modal. Pada princip­le Nomor 9 tentang penyelesaian dana, disebutkan bahwa institusi pasar keuangan harus melaksanakan penye­lesaian dana menggunakan rekening giro pada bank sentral.  (h/trn)

BERITA POPULER Index »


BERITA TERKINI Index »

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]