Untuk Kekuatan Ekonomi Baru


Kamis, 02 Juli 2015 - 18:44:15 WIB

Di hadapan Ketua Kadin Kabupaten Solok H. Syafri­zal Ben, Ketua dewan pem­bi­na DPC IWAPI Kabu­paten So­lok H. Erlinda, S.Sos, Ketua DPC IWAPI Kab. Solok Silvi lestari, SP, M.Kom dan pe­ngu­rus Ran­ting se-Ka­bu­paten Solok, Bupati me­nye­butkan, untuk men­sejah­terakan ma­syara­kat, tak ha­nya tugas Peme­rin­­tah daerah semata.

“ Ini adalah sebuah tanta­ngan bagi Iwapi Kabupaten Solok, dengan adanya siner­gi antara Iwapi dengan SK­PD terkait, diharapkan upa­ya untuk mendorong per­tum­­buhan ekonomi masya­rakat akan terwujud,” kata Syamsu Rahim berharap I­wapi juga mampu melahir­kan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Bupati menyebutkan ty­po­loghi IWAPI adalah se­per­ti Siti Khadijah RA. Tak hanya  mam­pu berusaha dan mem­bangun ekonomi kelu­ar­ga dan ma­syarakat se­ki­tarnya, namun juga mam­pu men­dorong suaminya Nabi Muhammad, SAW untuk menyebarkan syiar Islam ke selu­ruh dunia.” Jika beru­saha hanya menge­jar profit dan keyntungan yang ada nanti hanya kese­dihan ketika me­nga­lami kerugian, namun ber­o­ri­entasi untuk menik­mati setiap pekerjaan yang diker­jakan sebagai ibadah,” ka­tanya.

Pihaknya juga mengap­resiasi DPC Iwapi yang telah mampu mengembangkan sa­yap dengan membentuk ran­ting di 5 kecamatan.  Syamsu Rahim menekan­kan, agara  Iwapi jangan membuat prog­ram yang mu­luk-muluk tapi tidak jalan. Namun yang penting adalah biar sedikit yang penting jalan dan mem­berikan man­faat kepada ma­syarakat ba­nyak. “Kita juga mendorong lahirnya ekonomi kreatif dan inovatif yang siap meng­hadapi pasar bebas nanti,” imbuhnya.

Sebelumnya ketua DPC IWAPI  Kab. Solok Silvi Les­tari menyebutkan, Iwapi seja­tinya  merupakan rep­re­­sen­tasi dari wanita yang kuat, karena disamping memiliki tugas mulia se­bagai ibu ru­mah tangga didalam keluar­ga, tak jarang anggota Iwapi merupakan tulang pung­gung dalam ke­luarganya. “Kita bertekad akan mem­buat prog­ram yang mampu menunjang kemajuan pe­rem­puan di dae­rah ini dalam memban­tu me­nun­jang eko­nomi ke­lu­­arga­nya,” tukas­nya.

Lahirnya Iwapi di Kabu­paten Solok, kata Silvi dida­sari oleh keinginan untuk mela­hirkan dan mengem­bangkan Usaha mikro Kecil dan mene­ngah (UMKM) di daerah ini. Saat ini, kata Silvi, masih banyak UMKM yang sulit berkembang kare­na berba­gai keterbatasan. “ Kita ingin membantu Peme­rintah Dae­rah mengatasi hal ini, karena untuk menjadi moti­vator tak hanya tugas peme­rintah daerah sema­ta,” beber Silvi.

Pihaknya menambah­kan, pada kesempatan ini baru 5 ranting kecamatan yang diben­tuk dan dilantik. Yaitu  kec. Kubung, Gunu­ng Talang, Bukit Sundi, Junjung Sirih, dan X Koto Diatas. Sementara  untuk kecamatan X Koto Singka­rak kendati belum dilantik, namun sudah membuat tero­bosan dengan membuat Iwa­pi Mart sebagai pusat pema­saran kera­jinan dan home industri di daerah itu. “ Kita bahkan mendorong   lahir­nya Iwapi Mart lainnya di tiap kecamatan,” katanya menyudahi. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]