Masyarakat Tanjung Sani Minta Dimekarkan


Kamis, 02 Juli 2015 - 18:49:23 WIB

“Masyarakat sangat menginginkan pemekaran, karena Kenagarian Tanjung Sani sangat luas. Masyarakat sangat kesulitan mengurus adminitrasi, lokasinya sangat sangat jauh, apalagi perekonomian mereka sangat sulit. Dengan pemekaran mereka berharap akses mereka menjadi lebih mudah, serta tidak mengeluarkan biaya yang besar,” kata Jhoni Putra Dt Bintaro Hitam.

Menurutnya, pertemuan dengan masyarakat sejauh ini masih mendengarkan permintaan masyarakat Dalko. Pada prinsipnya dewan men­dorong namun disesuaikan dengan keadaan dan aturan yang ada sekarang.  “Aspirasi masyarakat tentunya baik, tetapi itu semua tentu ada me­kanismenya,” jelas Dt Bintaro Hitam.

Sementara, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagari, Welfizar mengatakan, terkait dengan keinginan masyarakat Dalko, yang menginginkan pembentukakan nagari baru itu merupakan hak dari masyarakat untuk menyampaikan keinginan. Tetapi untuk menuju ke arah itu tentunya ada aturannya yang mengatur.

“Sejauh ini belum ada pembahasan yang meng­khususkan pembicaraan pemekaran tersebut dengan SKPD terkait lainnya. Kami terlebih dahulu mengkaji dasar hukumnya sehingga tidak me­nyisakan masalah di kemudian hari. Pemerintah tentu tidak bisa melakukan kebijakan tanpa ada payung hukum sebagai pijakan,” katanya.

Nagari tanjung sani terbagi ke dalam 11 jorong. Yaitu, Jorong Arakia, Jorong Batu Nanggai, Jorong Dalu-dalu, Jorong Dama Gadang, Jorong Galapuang, Jorong Koto Panjang, Jorong Lubuk Sao, Jorong Muko Jalan, Jorong Pandan, Jorong Pantas dan Jorong Sungai Tampang.

Nagari yang akan dimekarkan diberi nama Dalko yang merupakan singkatan dari Dama Gadang, Arikir, Lubuak Sao, Koto Panjang yang lokasinya berada di daerah perbukitan yang juga dikenal dengan nama Dalko. Daerah di kawasan perbukitan ini termasuk daerah yang sulit dijangkau. (h/yat)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]