Patuh dan Tepat Waktu, UPTD Rusunawa Purus Beri Reward


Kamis, 02 Juli 2015 - 18:56:43 WIB

Kemudian hari kedua, Rabu (1/7) tim gabungan juga datangi sebanyak 32 rusun, yang 10 di antaranya langsung melakukan ban­ding dengan membuat surat perjanjian akan segera me­lunasi. Jika ditotal dari ke­seluruhan warga rusun yang menunggak, tercatat se­bany­ak 121 warga yang tidak membayar mulai dari tiga bulan hingga 18 bulan.

Kepala Dinas TRTB Ko­ta Padang, Afrizal BR ke­pada Haluan, Kamis (2/7) meng­a­t­akan, tim gabungan dalam penertiban pasca pe­me­rik­saan BPK RI sudah me­laku­kan penindakan. Na­mun, tindakan tersebut dila­kukan bertahap setiap hari­nya de­ngan pe­manggilan sampai kepada penyegelan dengan mencabut meteran air PDAM.

“Hari pertama sampai ke­dua penertiban berjalan lan­car. Tujuan kita kepada warga yang menunggak ter­sebut bukan langsung segera me­lu­nasi, namun me­ngang­sur tung­gakan yang sudah menumpuk terlalu banyak,” ujarnya.

Sementara Kepala UP­TD Rusunawa Purus, Sa­hur­man menjelaskan, pada hari per­tama penertiban di­pang­gil sebanyak 14 warga yang me­nu­ng­gak paling banyak men­capai 18 bulan terhitung sejak tahun 2014. “Dari 14 yang kita panggil ada yang beritekad baik, yaitu ada dua orang yang datang dan me­nga­ngsur, serta membuat surat perjanjian kapan akan melunasi,” terangnya.

Lebih lanjut Sahurman mengatakan, bagi yang tidak mengindahkan panggilan, ma­ka langsung disegel dan di­cabut meteran airnya. “Sa­at ini sudah lebih dari 10 meteran air yang kita cabut bagi yang bangkang,” tegasnya.

Penertiban ini, kata Sa­hur­man, akan dilakukan sam­pai semua warga yang me­nu­ng­gak ditindak dan dibuatkan surat pernyataan tidak boleh menunggak le­bih dari tiga bulan. Hal ini juga bertujuan untuk me­nutupi PAD yang jauh dari target. Selain men­datangi dan menindak bagi warga yang menunggak, lanjut Ke­pala UPTD Rusunawa, akan memberikan reward atau penghargaan bagi warga ya­ng patuh dan tepat waktu membayar uang sewa.

“Kita berikan label bio­data di kaca depan rumahnya yang berisikan nama dan kon­trak sewa sudah lunas, supaya menjadi pancingan bagi yang menunggak agar segera me­lunasi pemba­ya­ran, jika ingin mendapatkan label yang sama dengan warga lainnya,” paparnya. (h/mg-win)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]