Jika Tak Hujan, Pekan Depan Salat Istisqo


Kamis, 02 Juli 2015 - 18:58:27 WIB

Dari pantauan Haluan di jalan­an, Kamis (2/7) siang di dapati taman kota sudah mulai mengu­ning, karena kekeringan dan terik­nya panas matahari. Seperti taman tengah di Jalan Indarung, Lubuk Begalung (Lubeg) nyaris se­luruh­nya menguning. Padahal petugas tetap melakukan penyiraman.

Tidak hanya taman yang me­nge­ring akibat kemarau panjang ini, sawah siap panen dengan jeraminya yang masih utuh tidak bisa diolah petani karena kekurangan air.

Salah seorang petugas penyiram taman, Andika mengatakan, saat ini pihaknya memang setiap hari me­nyi­ram taman kota. Tetapi, panas­nya cuaca tetap membuat rumput taman dan bunga mengering dan kuning.

“Panasnya bisa kita rasakan sendiri kan, sehingga tanaman banyak yang layu. Ketika kita menyiram tanaman, tanah itu me­ne­lan air dengan ganasnya. Setelah itu, langsung kering kembali,” terangnya.

Sementara salah seorang petani di Kuranji, Anton menyebutkan, dia terpaksa tidak mengerjakan sawah­nya yang siap panen satu bulan yang lalu, karena ketiadaan air. Dia menunggu sampai hujan turun dan baru me­ngerjakan sawahnya kembali.

Melihat kondisi tersebut, Ketua MUI Kota Padang, Duski Samad mengatakan, pihaknya saat ini sedang menganalisasi cuaca, karena tanda hari hujan juga sudah datang. Seperti angin serta awan sudah bermunculan.

Lagi pula, kata Duski Samad, ketika melakukan salat istisqo harus ada syaratnya, seperti mem­per­tim­bangkan mudarat dari mu­sim ke­marau tersebut. Namun, dia bersama pihak MUI sedang menga­nalisa cuaca selama lima hari ke depan.

“Kalau hujan tak datang juga, Selasa atau Rabu depan kita akan melakukan salat tersebut,” ucapnya.

Ia menambahkan, salat minta hujan atau sholat istisqo harus dilakukan secara berjemaah, serta di lapangan terbuka dengan mengajak masyarakat Kota Padang. Kemudian salat ini juga disertai dengan khotbah. “Salat ini ada syarat dan ketentuannya, seperti dilaksanakan di lapangan terbuka,” tutup Duski. (h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]