Rahasia di Balik Segarnya Air Kelapa


Jumat, 03 Juli 2015 - 16:47:22 WIB
Rahasia di Balik Segarnya Air Kelapa

Barangkali mereka me­minumnya usai berlatih yoga. Sehabis berlatih di ruang kelas yoga yang ber­suhu 37 derajat Celcius (khu­susnya Bikram Yoga),  pe­serta biasanya langsung mem­­buru air kelapa yang banyak disediakan di sana.

Baca Juga : Waspada! Studi Temukan Fungsi Ginjal Menurun Tingkatkan Risiko Demensia

Air kelapa ini dikemas dalam kotak seperti kotak jus. Cairan ini tak hanya dianggap efektif me­ngem­balikan cai­ran tubuh, tetapi juga me­ngontrol nafsu ma­kan.

“Air kelapa bisa segera mengembalikan energi An­da. Benar-benar membantu merehidrasi Anda,” ujar Ra­ja­shree Choudhury, pre­siden Bikram Yoga. Air kela­pa adalah sumber alami dari elektrolit, seperti pota­sium and sodium, yang hi­lang­ ber­sama keringat. Da­lam 226 gram air kelapa, kan­dungan potasiumnya lebih tinggi daripada sesisir pi­sang.­ Chou­dhury, yang dikenal se­bagai salah satu instruktur yoga terkenal di dunia, juga mengatakan bah­wa air kela­pa membantu mengurangi nafsu ma­kan­nya. “Paling tidak, saya bisa menahan sampai dua jam lah,” katanya.

Baca Juga : Kasus Covid Melonjak, Tim Terpadu Tindak Tegas Pelanggar Prokes

Dibandingkan de­ngan­ sport drinks -yang mengan­dung karbohidrat tinggi ka­rena diproses dengan gula- air kelapa lebih rendah ka­dar gula dan sodiumnya. Liz Cla­pacs, konsultan holistik ber­ser­tifikasi dan pendiri Eleva­tion Holistic Health Care di Columbus, Ohio, menga­takan bahwa gula da­lam air kelapa adalah fruk­tosa, gula alami yang ditemu­kan pada buah-bua­han. “Ka­­r­e­na fruk­tosa lang­sung ter­urai di dalam tubuh, ia bi­sa menjaga kadar gula darah tetap normal,” ujar­nya. Cla­pacs, yang menjadi konsultan para atlet, menga­mati ada lebih banyak wanita berusia 20-40 tahun yang mengon­sum­si air kelapa se­habis berol­ah­raga.

Di Indonesia, sudah ada produk sport drinks yang menggunakan air kelapa. Meskipun begitu, Anda te­tap harus memperhatikan label kemasannya. Per­hati­kan, apakah ada kandungan gula tambahan yang me­nyebabkan kalorinya cukup tinggi. (h/kcm)

Baca Juga : Tinjau Langsung, BPJS Kesehatan Padang Pastikan Aplikasi P-Care Vaksinasi Berjalan Lancar

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]