Jika Warga Menangis Saat Lebaran


Jumat, 03 Juli 2015 - 18:57:50 WIB
Jika Warga Menangis Saat Lebaran

Sesuai ketentuan syariat (Islam), jelas Bupati Pasbar ada delapan asnap penerima dana zakat, termasuk di­salurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baz­nas) di Kabupaten Pasaman Barat. Dari delapan macam berhak menerima dana za­kat dimaksud, di antaranya adalah diberikan kepada fakir miskin, orang mualaf, gharim (orang berhutang), dan sebagainya.

Baca Juga : Penyekatan Dimulai, Ratusan Kendaraan Diputarbalik Saat Hari Pertama

Disalurkannya sejumlah dana konsumtif, melalui Baz­nas Pasaman Barat ke­pada masyarakat yang ber­hak menerimanya di setiap keca­matan. Menurutnya, kegiatan ter­­sebut bukanlah m­ela­k­sanakan rutinitas. Hal ini adalah melaksanakan aturan yang telah ditentukan dalam syariat Islam. “Kalau ada di antara warga me­nangis ketika melihat ber­gembira me­ra­yakan hari raya, pada be­berapa hari ke de­pan, adalah tanggung ja­wab bersama. “Secara pribadi dan keluarga, di­rinya tidak rela jika masih ada warga Pasaman Barat mengangis di tengah suasana cuka cita”, katanya.

Ketua Harian Baznas Pasaman Barat, Nofdinal Yefri, didampingi Sekretaris, Su­harjo Lubis, pada ke­sem­patan itu menyampaikan, masyarakat Kecamatan Sa­sak Ranah Pesisir menerima dana komsumtif dari Baznas Pa­saman Barat sebanyak 210 orang. Total dana zakat yang disalurkan hari ini (Jumat-red) mencapai Rp105 juta. Mengingat pentingnya ke­bersamaan dan saling tang­gung jawab, baik kalangan pemerintah, lembaga ke­aga­maan dan sosial ke­ma­sya­rakatan maupun setiap pribadi memikirkan nasib sau­daranya. Agaknya, pro­gram dilaksanakan Baznas Pasaman Barat adalah wujud nyata dan harus dilestarikan setiap saat. (h/gmz)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]