Dinkes Sawahlunto Temukan Makanan Mengandung Boraks


Jumat, 03 Juli 2015 - 19:01:29 WIB

Dikatakan Sunita, te­muan bahan pabukoaan yang me­ngan­dung boraks tersebut sudah diantisipasi pere­dar­annya,dari penelusuran tim hanya satu pedagang yang menjualnya, dan be­berapa penjual yang telah membeli sudah diiden­ti­fikasi dan dita­rik kembali.

“Kita telah meng­antisi­pasi peredarannya dengan melakukan pemutusan pere­daran dari pedagang di Pasar Talawi, dan pedagang yang telah membeli kita lakukan identifikasi dan penarikan sehingga penyebarannya tidak meluas,” sebutnya.

Selanjutnya Dinas Kese­hatan akan terus melakukan pemantauan kelapangan da­lam pengawasan terhadap makanan tidak saja dipasar pabukoan akan tetapi juga pedagang makanan lain­nya. ini dilakukan untuk meng­an­tisipasi agar makanan yang dijual tersebut tidak mengan­dung bahan bahan berba­haya bagi masyarakat konsu­men.

“Ini sudah kegiatan rutin yang kita lakukan dalam pe­ng­a­wasan obat dan maka­nan, dengan menurunkan tim ke lapangan sehingga konsu­men akan terhindar dari ba­han makanan yang berba­han da­sar berbahaya. Sebe­lum­nya di setiap Pu­s­kesmas juga telah disosi­alisasikan tentang ma­kan­an sehat dan pentauan di tingkat pedagang,” kat­anya.

Kepada pedagang, harap Sunita, agar tidak me­laku­kan perbuatan yang merugi­kan konsumen dengan me­laku­kan pencurangan jua­lan­nya, dan kepda masyara­kat agar lebih berhati hati memilih makanan pabu­koan dan ola­han lainnya dengan memper­hatikan as­pek higienitas sani­tasinya.

“Masyarakat harus jeli memperhatikan label ta­ngan­nya, nama produk, ala­mat produksi, kode pro­duksi, komposisi serta yang terpen­ting tanggal kada­luarsa dari produk tersebut,” ingat Suni­ta. (h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]