Petahana Merapat ke Partai Golkar


Jumat, 03 Juli 2015 - 19:07:33 WIB

Di DPD Golkar Sumbar kubu Abu Rizal Bakrie menerima enam orang calon gubernur. Yaitu, Hendra Irwan Rahim (Ketua DPRD Sumbar), Syamsu Rahim (Bupati Solok), Muslim Ka­sim (Wakil Gubernur Sum­bar),  Shadiq Pasadigoe (Bupati Tanah Datar), Fauzi Bahar (mantan Walikota Padang) dan Aristo Mu­nandar (Anggota DPRD Sumbar). Aristo yang man­tan Bupati Agam ini, meru­pakan tokoh baru dalam bursa Pilgub Sumbar.

Sementara DPD Golkar kubu Agung Laksono, hingga penutupan hanya menerima tiga calon gubernur. Yaitu, Muslim Kasim, Shadiq Pasa­digoe dan Syamsu Rahim.

Sementara di Lima­pu­luh Kota, dengan mem­buka satu jalur penda­taran, Gol­kar menerima 11 calon.

“Selama 4 hari ini, ada 11 nama yang secara resmi terdaftar ke Partai Golkar.  Artinya mereka yang awal mendaftarkan diri dan me­ngembalikan formulir pen­daf­taran ke panitia. Sehingga dengan prosedur demikian mereka telah terdaftar untuk bakal calon di Partai Gol­kar,” ujar Ketua Seleksi Pendaftaran Kepala Daerah di DPD Partai Golkar Kabu­paten Limapuluh Kota Har­mi, Jumat (3/7).

Sekretaris DPD Golkar Kabupaten Limapuluh Kota itu menjelaskan, setidaknya ada 19 nama yang mengam­bil formulir pendaftaran. Dari 19 nama tersebut, ha­nya 11 yang mengembalikan formulir pendaftaran ke sekretariat Golkar Lima­puluh Kota.

Ke-11 nama tersebut, yakni petahana Asyirwan Yunus yang juga dibesarkan oleh Partai Golkar. Partai Golkar berhasil membawa Asyirwan Yunus ke posisi Wakil Bupati saat diusung pada Pilkada 2010 lalu. Kemudian, Ketua DPD Gol­­kar Safaruddin. Selan­jutnya Ketua DPRD Kota Payakumbuh Dt Parmato Alam,  Irfendi  Arbi, Riko Ferbrianto, Syamsul Mikar, Nini Maryon, Ferizal Rid­wan, Resman, Nono Fetri, Dt  Parmato Alam, Warni Nur­min dan dr Harmen.

“Setelah pendaftaran di­tu­tup, mekanisme pen­ja­ringan berikutnya yakni penyampaian visi-misi per­ora­ngan dari bakal calon yang ber­sangkutan,” jelas Harmi. Menurutnya, dalam pro­ses seleksi dan penja­ringan, sesuai dengan intruk­si DPP, dari sekian nama yang telah terdaftar, nantinya akan dikerucut hanya men­jadi 5 pasangan calon. Dan 5 pa­sangan calon tersebut yang akan diseleksi oleh DPP untuk dikerucut lagi men­jadi satu pasangan ca­lon.

Sementara, Ketua DPD Golkar Kabupaten Lima­puluh Kota, Safaruddin me­nga­takan, dibukanya pen­daf­taran dalam penjaringan bakal calon kepala daerah, merupakan keputusan ber­sama atau islah antara kubu ARB dengan kubu Agung Laksono. “Pendaftaran ini, ber­dasarkan islah antara kedua kubu yang bersite­gang. Al­ham­dulilah, meski de­mi­kian dengan waktu yang cu­kup singkat, ternyata Pa­r­­tai Gol­kar masih pro­ma­dona. Bu­k­tinya, dengan wak­tu 4 hari saja, berlomba-lomba balon yang mendaftar ke Golkar ini,” ucap Safar­u­d­din.

Sementara di Agam, de­la­pan nama mendaftarkan diri ke koalisi Golkar-PBB. Tidak hanya ke Golkar, nama-nama ini juga men­daftar ke PBB, sebagai salah satu syarat untuk maju mela­lui koalisi ini.

Adapun sejumlah nama yang mendaftar antara lain, Indra Catri (Bupati Agam), Irwan Fikri, (Wakil Bupati Agam), Guspardi Gaus, (Wakil Ketua DPRD Sum­bar), Lazuardi Erman (Ke­tua DPD Partai Golkar Agam) Feri Adrianto (Ketua Ko­misi I DPRD Agam) No­vi Endri (Mantan Ang­gota DPRD Agam) Letkol Rus­man, Yusrizal Ma­war­di.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah, (DPD) Par­tai Gol­kar Kabupaten A­gam, La­zuar­di Erman, didampingi juru bicara panitia pen­dafta­ran, Vera Cristian, menga­takan partai sudah tuntas melakukan penjaringan de­ngan menerima pendaftaran langsung dari bakal calon yang mendaftar melalui koalisi. Nama tersebut bakal dikirim ke DPD I dan DPP untuk menentukan siapa pasangan yang bakal me­wakili koalisi.

“Golkar dan PBB sama-sama terbuka dan bisa me­nahan diri dan tidak pernah bersikeras mencalonkan orang tertentu, kami sepakat yang lebih diutamakan saat ini adalah kepastian ken­daraan Politik.  Inilah la­tar belakang terbangunnya koa­lisi Golkar dan PBB. Kami berharap seluruh proses bisa berjalan dengan baik, sehingga Golkar dan PBB bisa mendapatkan hasil yang terbaik pada pilkada,” jelas Lazuardi.

Di tempat lain di Pasa­man Barat, kedua kubu sepakat mengusung Zulke­nedi Said sebagai calon bupati. Kalau tidak ada aral melintang, pengesahan seba­gai calon kepala daerah, dilaksanakan 7 Juli 2015 mendatang.

Tak hanya itu, sebagai calon tunggal dari Golkar, putera asal Maligi, Keca­matan Sasak Ranah Pesisir ini mengatakan, stuktur pe­ng­u­rus DPD Partai Golkar kubu Agung Laksono perio­de 2015-2020 telah terben­tuk. Tampuk pimpinan di­per­cayakan kepada Zul­kenedi Said.

Sementara, posisi Wakil Ketua I dijabat  Amril R, Wakil Ketua II dipegang Senorita, Wakil Ketua III Yefrizal, dan posisi Wakil Ketua IV dipecayakan kepa­da Sudirman By Ganto. Jabatan sekretaris dipegang Masri Malay, Wakil Sekre­taris I diisi oleh Umar Ali, dan Wakil Sekretaris II dija­bat Fino Musriandi. Posisi bendahara dijabat Syaiful Abdi, dan Wakil Bendahara diisi Jawaher.

Rapimdasus Dadakan

DPD Partai Golkar Ta­nah Datar menggelar rapat pimpinan daerah khusus (Rapimdasus) untuk persia­pan proses pencalonan bupa­ti Tanah Datar periode 2015-2020 yang berlangsung di secretariat Golkar Tanah Datar, Jumat (3/7).  Ra­pim­dasus itu dilaku­kan ter­kait diterimanya  su­rat eda­ran bersama DPP Partai Gol­­kar pusat hasil Munas Ba­li dan Munas An­col guna mem­­per­siapkan Tim Pilka­da ber­s­ama Partai Golkar ting­­kat Provinsi, kabupaten/kota.

Hendri N yang dite­tap­kan sebagai salah seorang tim Pilkada Partai Golkar Tanah Datar bersama  Syam­sul Bahri dan Anton Yondra menyatakan, surat edaran itu sangat terburu-buru. Dalam surat edaran itu Rapimdasus harus digelar selambat lam­batnya tanggal 5 dengan agenda penyampaian visi dan misi bakal calon, dan agenda lainnya.

“Dengan sendirinya, Juk­lak tidak mungkin dilak­sa­nakan. Justru itu diper­lu­kan masukan agar muncul ke­sepatan yang tidak berten­ta­­ngan dengan ketentuan yang berlaku,” kata Hendri N.

Ketua DPD II Partai Golkar Tanahdatar Zulfadri Darma usai rapat me­nya­takan,  saat ini telah terjadi saling klaim oleh para calon kepala daerah seolah sudah memastikan diri calon dari partai itu.  “Kondisi ini harus disi­kapi arif oleh seluruh kader karena Partai Golkar Tanah Datar hingga saat ini solid,” ucapnya. Dalam ra­pimdasus itu ditetapkan Zulfadri Dar­ma ketua DPD II Partai Golkar Tanah Da­tar sebagai calon tunggal bupati Tanah Datar dari Golkar. Se­men­tara wakilnya belum ditetap­kan.  (h/mg-rin/ddg/yat/gmz/one)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 30 April 2020 - 16:58:53 WIB

    Bupati Petahana Nyatakan Mundur dari Pilkada Tanah Datar

    Bupati Petahana Nyatakan Mundur dari Pilkada Tanah Datar TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM -- Irdinansyah Tarmizi resmi menyatakan mundur dari bursa pencalonan sebagai Kepala Daerah di Tanah Datar. Alasan mundurnya Irdinansyah karena kondisi kesehatan. Hal ini disampaikannya saat jumpa.
  • Jumat, 21 Oktober 2016 - 01:40:19 WIB

    43 Nagari Laksanakan Pilwana, Calon Petahana Bertumbangan

    DHARMASRAYA, HALUAN — Pemilihan Walinagari (Pilwana) serentak di 43 nagari dari 52 nagari pada 11 kecamatan di Kabupaten Dharmasraya, Kamis (20/10), berlangsung aman dan kondusif..
  • Ahad, 20 September 2015 - 18:22:00 WIB

    Panwas Agam Kawal Ketat Kegiatan Petahana

    AGAM, HALUAN — Panitia pengawas pemilhan (Panwas) Kabupaten Agam, secara maksimal tetap mengawasi kedua pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Agam, tahun 2016-2021, meskipun keduanya saat ini masih menjabat seb.

  • Selasa, 11 Agustus 2015 - 19:35:50 WIB

    Petahana Fokus pada Agenda Perpisahan

    PASANGAN CALON GENCARKAN SILATURAHMI

    BUKITTINGGI, HALUAN — Jelang penetapan pasangan calon oleh KPU pada 24 Agustus 2015 mendatang, sebagian besar pasangan calon di Bukittinggi melakukan berbagai.

  • Selasa, 19 Mei 2015 - 19:26:38 WIB

    Petahana Ditantang Mantan Ketua Perwana

    PILKADA AGAM MULAI PANAS

    AGAM, HALUAN — Petahana Bupati Agam, Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, ditantang anggota DPRD Agam yang juga mantan Wali Nagari Sungai Puar, Drs. Feri Adrianto St Sinaro .


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]