LPS Jamin Simpanan Nasabah Hingga Rp2 M


Jumat, 03 Juli 2015 - 19:14:54 WIB
LPS Jamin Simpanan Nasabah Hingga Rp2 M

"Di negara-negara maju, lembaga ini sudah hadir sejak awal. Indonesia, belajar dari pengalaman krisis moneter tahun 1997-1998 lalu, me­ngam­bil langkah dengan membentuk LPS yang men­jamin simpanan nasabah bank. Syaratnya, 3 T. Ter­catat pada pembukuan bank, Tingkat suku bunga tidak melebihi bunga penjaminan serta Tidak melakukan tin­dakan yang merugikan bank,"­ kata pria yang juga bertugas sebagai Dosen di Universitas Indonesia itu.

Baca Juga : Libur Lebaran Usai, Dinkes Kota Padang: Masyarakat Harus Lakukan Tes Swab

Suharno menambahkan, LPS di back-up penuh oleh pemerintah apabila menga­lami hambatan likuiditas yang tentunya bisa mem­pengaruhi trust dari masya­rakat. Hanya saja, sampai saat ini LPS belum memiliki kendala dalam penjaminan. Total aset yang dimiliki LPS mencapai Rp49,73 triliun, diantaranya disimpan dalam surat berharga nasional se­besar Rp45,5 triliun. "Total cadangan penjaminan LPS per Desember 2014 adalah sebesar Rp8,2 triliun dan total ekuitas Rp41,2 triliun," paparnya.

Di Sumatera Barat sen­diri, lembaga keuangan ter­akhir yang jadi pasien LPS adalah sebuah BPR di te­ngah dalam proses likuidasi. (h/mat)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]