Polda Sumbar Kerahkan Penembak Jitu


Jumat, 03 Juli 2015 - 19:27:06 WIB

Wakapolda Sumbar Kom­bes Pol Nur Afiah mengatakan, rapat koor­dinasi (Rakor) lintas sek­toral dalam rangka penga­manan Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah, dilaksanakan Jumat (3/7) untuk mengetahui kesiapan personil di lapangan guna pelayanan prima dalam menghadapi Lebaran.

Memang dalam pengamanan Lebaran kali ini, kata Nur Afiah, pihak kepolisian menyiapkan pe­tugas sniper (penembak jitu) di beberapa lokasi dan juga me­nge­rahkan petugas gabungan di titik keramaian, seperti di tempat wisata, terminal dan bandara. Sedangkan untuk Tim Gegana Polda Sumbar hanya bersiaga, apabila diperlukan akan dite­rjunkan.

Dalam pengamanan Lebaran tersebut, lanjutnya, kekuatan personil Polda Sumbar yang diturunkan sekitar 920 orang, sementara instansi terkait dilibat­kan sebanyak 2.493 orang. Dari sekian personil polisi diturunkan terdiri dari Reksrim, Intel, Lan­tas, Sabhara, Pusdokkes.

Selebihnya bantuan penga­manan dan penertiban arus mu­dik serta balik dari petugas Satpol PP, Dinkes, Organda, Senkom, Basarnas, PLN, PKS, Orari, Dis­hub, Komunikasi, PMI, Jasa Raharja, PU,  Linmas, Pramuka, Angkasa Pura, Damkar dan TNI.

“Nantinya, jumlah personel tersebut tersebar di 78 titik pos pengamanan (Pos Pam) dan pos pelayanan (Pos Yan). Operasi ini dilaksanakan selama 16 hari dengan mengutamakan keterpa­duan dengan mengisi pos ke­amanan dan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya, di sela-sela Rakor Lintas Sektoral di Gedung Rangkayo Basa, kemarin.

Lebih lanjut dikatakan Nur, diterjunkan ribuan petugas ke lapangan bertujuan memberikan rasa aman bagi warga, walaupun data yang tercatat di Polda Sum­bar dua tahun belakangan selama operasi ketupat jumlah kasus menurun.Yakni jumlah data ta­hun 2013 sebanyak 254, semen­tara tahun 2014 sebanyak 188.

Dari sekian kasus yang paling menonjol adalah kecelakaan lalu lintas, pencurian dengan pem­beratan (Curat), pencurian sepe­da motor (Curanmor), pengania­yaan berat dan pencurian dengan kekerasan (Curas).

Maka dari itu, orang nomor dua di Polda Sumbar mengimbau kepada masyarakat untuk men­cegah kriminalitas, yaitu jangan lupa memberitahukan kepada tetangga atau petugas apabila meninggalkan rumah, mem­per­hatikan rambu-rambu ketika ber­wisata, berhenti di pos Pam atau tempat ramai guna meng­hindari terjadinya gangguan apa­bila ingin beristirahat, waspadai percaloan, hipnotis dan pengaruh radikal dan menghindari kom­sumsi makanan yang tidak higienis.

Kemudian untuk keamanan, Keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kam­setibcar Lantas) diimbau agar berdisiplin berla lulintas dengan menaati rambu-rambu, marka jalan dan petunjuk berlalulintas, memastikan kelayakan kenda­raan dalam kondisi baik, tidak mengkonsumsi obat-obatan, pe­mudik wajib menggunakan helm dan tidak boleh berbonceng tiga dan tidak memaksakan diri me­ngemudi apabila lelah atau ngantuk. (h/nas)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]