Pemkab Solok Benahi Lokasi Wisata


Ahad, 05 Juli 2015 - 19:20:30 WIB

“Pembenahan dilakukan pada tingkat pengelolaan, seperti areal parkir kendaraan, keamanan serta arus lalu lintas masuk dan keluar lokasi objek wisata, sehingga para pengunjung merasa aman dan nya­man ketika berada di lokasi wisata,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Solok , Drs.M. Alfajri, MM di Arosuka kemaren.

Pihaknya menyebutkan, berda­sarkan pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, kedua objek wisata tersebut selama ini sudah dikenal banyak orang di Indonesia, bahkan dunia. Tidak saja pada hari-hari libur akhir pekan, namun pada hari-hari lainnya objek wisata itu juga ramai pengunjung. “Apalagi pada libur lebaran, selalu dibanjiri pengun­jung,” bebernya.

Sementara itu kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan In­for­masi kabupaten Solok Drs.Dedi Permana MM menyebutkan, selain melakukan penataan arus trans­portasi di sepanjang jalur mudik, pengaturan di jalur masuk lokasi wisata juga dilakukan. Karena padak puncak perayaan lebaran itu arus transportasi selalu mengalami ke­macetan karena ramainya ken­daraan keluar dan masuk lokasi.

“Untuk pengaturan parkir di lokasi, kita melibatkan masyarakat nagari di sekitar lokasi objek wisata. Sedangkan biaya parkir kendaraan yang dikenakan kepada pemilik kendaraan disesuaikan berdasarkan peraturan daerah (Perda) Kabu­paten Solok yang telah ditetapkan,” jelas Dedi Permana.

Disamping itu, kata Dedi, pihak­nya juga melakukan pendataan dan penataan sarana transportasi wisata seperti kapal motor penumpang, yang dipakai warga selama musim liburan nanti. Pendataan itu meliputi kelengkapan pengamanan seperti pelampung dan alat pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) yang ada di kapal itu.

Keberadaan perahu wisata milik masyarakat ini, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung pada setiap musim liburan.

Kondisi ini jelas mendatangkan berkah ter­sendiri bagi masyarakat setempat, namun di sisi lain, berba­gai resiko kerap mengancam karena muatan tidak sesuai dengan kondisi kapal, “ Kita juga memeriksa, apakah kapal-kapal yang ada itu masih layak untuk ditumpangi apa tidak.

Disamping melakukan pem­binaan kepada war­ga yang menjadi pemilik dan penge­mudi kapal tersebut,” kata Dedi didampingi Kasi Angkutan Irman SE.   Sejalan dengan itu, mulai H-7 nanti Pem­kab Solok juga akan menyiagakan puluhan orang petugas gabungan yang terdiri dari Kepolisian, Satpol PP, TNI dan Dinas Perhubungan dan  Dinas Kesehatan yang disebar di beberapa titik strategis untuk membentu memudahkan pemudik.

“ Sedangkan untuk beberapa lokasi wisata, disamping beberapa petugas, kita juga menyiagakan kapal motor milik Dishub dan BPBD kab. Solok. Hal ini untuk mengantisipasi berbagai resiko yang tidak diingin­kan,” katanya menyudahi. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]