Cuaca Panas, Masyarakat Diminta Waspada


Ahad, 05 Juli 2015 - 19:30:49 WIB
Cuaca Panas, Masyarakat Diminta Waspada

Dia meminta warga un­tuk tidak membakar sam­pah, membuang puntung rokok yang masih menyala, dan memastikan sumber api, seperti kompor gas, listrik dan peralatannya yang masih menyala agar di­pa­dam­kan terlebih dahulu sebelum ditinggalkan.

Baca Juga : Bekas Atom Center Padang Disulap jadi Penampungan Anak Yatim

“Tidak itu saja, memain petasan dan kembang api serta sejenisnya juga sudah dilarang. Karena dua benda tersebut sudah banyak sekali menyebabkan kebakaran,” jelasnya.

El Nino adalah fe­no­mena alam dan bukan badai, secara ilmiah diartikan de­ngan meningkatnya suhu muka laut di sekitar Pasifik Tengah dan Timur sepanjang ekuator dari nilai rata-rata­nya dan secara kasat mata El Nino tidak dapat dilihat.

Baca Juga : Curah Hujan Tinggi, Perumda AM Kota Padang Imbau Warga Gunakan Air Seperlunya

Tak Lakukan Aksi Bakar

Terpisah, Kepala Badan Pengendalian Dampak Ling­kungan Daerah (Bapedalda) Kota Padang, Edy Hasymi mengatakan, cuaca panas yang menyelimuti Kota Pa­dang semenjak beberapa minggu belakangan, belum menunjukkan akan be­rak­hir. Masyarakat diminta untuk tidak melakukan pe­m­ba­karan sampah, semak dan bahkan bahan yang nan­ti­nya akan menimbulkan asap.

“Kita berharap tidak ada warga yang melakukan aksi bakar-bakaran. Apakah itu sampah, jerami, atau bahkan membakar semak yang da­pat memicu asap,” terangnya.

Menurutnya, meski di daerah tetangga seperti Riau sudah muncul beberapa hot­spot, namun hal ini masih belum berdampak untuk Kota Padang. “Belum ada dampak, untuk kualitas ud­ara juga masih normal. Ma­ka­nya kita meminta agar udara tetap sehat, jangan ada aksi bakar-bakar,” paparnya.

Cuaca panas yang masih terus berlangsung, kata Edy, memang sangat rentan de­ngan terbakarnya lahan, karena kelembaban yang sudah mulai turun. Di­harap­kan, butuh kerja sama warga agar tidak menyumbang asap.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pa­dang memprediksi, cuaca untuk Kota Padang dan Sumbar umumnya masih akan cerah berawan dari pagi hingga sore.

Kasi Obserbasi dan In­for­masi BMKG Padang, Budi Samiaji menuturkan, untuk suhu udara masih dikisaran 31.8 derajat cel­cius. Dengan kelembaban 50 - 78 persen. “Kondisi ini memang sangat rawan de­ng­an kebakaran lahan. Di­harap­kan warga tidak me­la­kukan pembakaran lahan,” ucapnya. (h/ows/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]