Tambang Galian C Resahkan Warga


Senin, 06 Juli 2015 - 19:20:02 WIB
Tambang Galian C Resahkan Warga

Menurut Bujang, aktivitas penambangan Galian C dengan mesin penyedot tersebut berada di bagian hilir aliran sungai. Tetapi akibatnya berdampak pada aliran sungai yang ada di hulunya.  “Contohnya, sejak adanya pe­nam­bangan tersebut beton normalisasi sungai yang belum lama dibangun telah mengalami ke­rusakan. Kami minta, Bupati untuk bersikap tegas menertibkan hal tersebut,” katanya.  Menjawab permintaan warga tersebut, Bupati Ali Mukhni langsung me­merintahkan Dinas Ko­perindagtam dan UKM, Rustam untuk me­nertibkan tambang liar tersebut. Karena jika dibiarkan berlarut-larut, maka akan mem­bahayakan masyarakat setempat dan juga sarana publik yang berada di sekitarnya.

Baca Juga : Menara Masjid Raya Sumbar jadi Daya Tarik Baru Wisatawan

“Dalam pulan puasa ini, tambang liar tersebut harus ditertibkan,” tegas Bupati.

Bupati mengintruksikan Kadis Ko­perin­dagtam dan UKM untuk berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya, seperti polisi dan Satpol PP. Diakui Bupati, sejak adanya penam­bangan dengan mesin tersebut, masyarakat telah banyak yang diresahkan. Apalagi dengan rusak ba­ngunan normalisasi. “Normalisasi sungai yang telah kita lak­sanakan tersebut menghabiskan anggaran hingga ratusan miliar rupiah. Kita tak ingin hal itu menjadi sia-sia,” ungkap Ali Mukhni.

Baca Juga : Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Lebaran, Nagari Sinuruik Pasaman Barat Dirikan Posko dan PPKM Mikro

Sementara itu Camat V Koto Kampung Dalam, Syafril pada Haluan menyampaikan, bahwa penertiban tambang liar tersebut telah dilakukan beberapa waktu yang lalu. Pada penertiban itu, berhasil diamankan sebanyak 7 unit mesin dompeng yang digunakan untuk mengisap Galian C yang ada dalam sungai.

“Tapi mesin tersebut, dikembalikan lagi dengan membuat surat pernyataan bahwa mereka tidak akan beroperasi lagi,” jelas Camat. Untuk itu camat berharap pada pihak terkait, kalau mesin tersebut kembali berhasil diamankan, jangan pernah dikembalikan lagi. (h/ded)


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]