Industri Kulit Jadi Program Unggulan Padangpanjang


Senin, 06 Juli 2015 - 19:23:45 WIB

“Beberapa waktu lalu, kita juga telah menyampaikan program bantuan ke Deputi Kelembagaan koperasi dan UKM untuk meminta mesin pembuatan ikat pinggang senilai Rp.400 juta. Alhamduliah, permintaan kita tersebut dipenuhi dan akan dianggarkan pada program tahun anggaran berikutnya,” sebut Reflis.

Disampaikannya, selain mesin pembuatan ikat pinggang tersebut, pihaknya juga terus mengupayakan berbagai bantuan peralatan dan pengembangan SDM bagi pengerajin kulit yang ada di Kota Padangpanjang. Sehingga, rencana pengembangan industri kulit dari hilir hingga hulu bisa dilakukan secepatnya.

“Saat ini kita sudah memiliki pabrik pengolahan kulit, pondok desain dan promosi sebagai tempat pelatihan dan pemasaran sejumlah produk yang diha­silkan oleh pengerajin dan juga telah ada industri-industri yang muncul dari beberapa kelurahan,” sebutnya.

Menurut Reflis, gencarnya program pengembangan industri kulit yang dilakukan oleh pemerintah daerah, tetapi jika tidak didukung oleh kesiapan masyarakat sebagai sasaran dari program tersebut. Juga tidak akan memberikan hasil sesuai dengan perencanaan.

“Kita telah mencoba melakukan beberapa terobosan, dengan melaksanakan pelatihan-pelatihan terhadap pemuda yang berminat menekuni usaha kerajinan kulit.  Membangun outlet-outlet di berebapa kelurahan, sehingga bisa menjadi motivasi bagi warga yang lain, serta memberikan fasilitas bagi masyarakat yang ingin melakukan usaha di bidang industri kulit,” jelas Reflis.(h/mg-pis)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Agustus 2020 - 22:18:19 WIB

    Lockdown Hingga September, Melbourne Tutup Industri Ritel dan Konstruksi

    Lockdown Hingga September, Melbourne Tutup Industri Ritel dan Konstruksi HARIANHALUAN.COM - Kota terbesar kedua di Australia, Melbourne melakukan lockdown atau karantina wilayah enam pekan hingga pertengahan September. Lockdown menyebabkan pembatasan baru pada industri, termasuk ritel dan konstruk.
  • Senin, 30 Maret 2020 - 06:03:52 WIB

    Industri Otomotif Berduka, 4 Orang Pekerjanya Tewas karena Corona

    Industri Otomotif Berduka, 4 Orang Pekerjanya Tewas karena Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Industri otomotif dunia khususnya di Amerika Serikat berduka. Pandemi Virus Corona COVID-19 telah memakan korban meninggal para pekerja di sektor tersebut..
  • Selasa, 20 Oktober 2015 - 20:06:03 WIB

    Indarung I Berpeluang Jadi Heritage Industri

    PADANG, HALUAN — Pab­rik Indarung I PT Semen Padang (PTSP) berpeluang menjadi heritage (pusaka) industri pertama di In­do­nesia. Pabrik semen per­tama di Asia Tenggara itu dinilai memiliki s.

  • Jumat, 25 September 2015 - 18:41:49 WIB

    Industri Pengolahan Sumbar Tumbuh 6,8 Persen

    PADANG, HALUAN — Bank Indonesia (BI) perwakilan Sumatera Barat mencatat industri pengolahan di provinsi itu tumbuh 6,8 persen pada triwulan II atau naik 0,4 persen dibandingkan triwulan I yang berada pad.

  • Senin, 07 September 2015 - 19:02:31 WIB

    Dirut Mandiri: Dorong Penguatan Industri Keuangan

    JAKARTA, HALUAN — Indo­nesia harus memiliki industri keuangan yang kuat bila ingin perekonomiannya stabil.

    Demikian disampaikan Direktur Utama Bank Man­diri, Budi Gunadi Sadikin kepada wartawan.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]