Industri Kulit Jadi Program Unggulan Padangpanjang


Senin, 06 Juli 2015 - 19:23:45 WIB
Industri Kulit Jadi Program Unggulan Padangpanjang

“Beberapa waktu lalu, kita juga telah menyampaikan program bantuan ke Deputi Kelembagaan koperasi dan UKM untuk meminta mesin pembuatan ikat pinggang senilai Rp.400 juta. Alhamduliah, permintaan kita tersebut dipenuhi dan akan dianggarkan pada program tahun anggaran berikutnya,” sebut Reflis.

Baca Juga : Palestina Ternyata Tidak Punya Tentara, Ini Alasannya

Disampaikannya, selain mesin pembuatan ikat pinggang tersebut, pihaknya juga terus mengupayakan berbagai bantuan peralatan dan pengembangan SDM bagi pengerajin kulit yang ada di Kota Padangpanjang. Sehingga, rencana pengembangan industri kulit dari hilir hingga hulu bisa dilakukan secepatnya.

“Saat ini kita sudah memiliki pabrik pengolahan kulit, pondok desain dan promosi sebagai tempat pelatihan dan pemasaran sejumlah produk yang diha­silkan oleh pengerajin dan juga telah ada industri-industri yang muncul dari beberapa kelurahan,” sebutnya.

Baca Juga : Korban Luka Berjatuhan Saat Ribuan Orang Palestina Demo Israel di Kota Nablus

Menurut Reflis, gencarnya program pengembangan industri kulit yang dilakukan oleh pemerintah daerah, tetapi jika tidak didukung oleh kesiapan masyarakat sebagai sasaran dari program tersebut. Juga tidak akan memberikan hasil sesuai dengan perencanaan.

“Kita telah mencoba melakukan beberapa terobosan, dengan melaksanakan pelatihan-pelatihan terhadap pemuda yang berminat menekuni usaha kerajinan kulit.  Membangun outlet-outlet di berebapa kelurahan, sehingga bisa menjadi motivasi bagi warga yang lain, serta memberikan fasilitas bagi masyarakat yang ingin melakukan usaha di bidang industri kulit,” jelas Reflis.(h/mg-pis)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]