Pembawa Kayu Ilegal Dibekuk


Senin, 06 Juli 2015 - 19:25:02 WIB
Pembawa Kayu Ilegal Dibekuk

Kejadian bermula saat jajaran Sa­treskim menerima informasi dari masya­rakat terkait kerapnya kayu tak ber­dok­umen melewati wilayah hukum Polres Limapuluh Kota.  Dari informasi ter­sebut, jajaran Reskrim melakukan pe­ngintaian, hingga diketahui mobil me­ngangkut kayu melewati kawasan Tanjung Pati.  Pengemudi mobil sempat me­ngetahui sedang dibuntuti polisi hingga ia berupaya untuk melarikan diri dan terjadilah aksi kejar-kejaran. Sampai di depan Mapolres laju mobil berhasil dihentikan.

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif: 443, Sembuh: 291, dan Meninggal Dunia: 9 Kasus

“Saat digeledah, tersangka tidak bisa memperlihatkan surat-surat terkait kayu berukuran besar yang ia bawa. Hingga akhirnya tersangka Suroto digelandang ke Mapolres untuk menjalani pe­me­riksa­an,”tegas AKP Amral.

Dari pengakuan tersangka, kayu  sekitar 6 kubik  dengan total 36 batang tersebut dibawa dari kawasan Ma­ng­gilang, dan akan dibawa ke tempat pengolahan kayu di kawasan Andaleh. Tersangka pun menga, hanya sebagai sopir untuk mengantarkan kayu sesuai pesanan.

Baca Juga : Waduh! Masyarakat Batu Basa Tak Terapkan Prokes Saat Salat Idul Fitri

Dari hasil mengantarkan kayu tersebut ia menerima upah sekitar 150 ribu. “Saya sudah dua kali mengantarkan kayu pak. Namun kali ini gagal. Dari mengantarkan kayu, saya menerima upah sekitar 150 ribu,” sebutnya.

Atas perbuatannya, tersangka me­langgar Pasal 12 huruf e jo pasal 83 ayat 1 huruf b Undang-undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang pencegahan dan pengrusakan hutan dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun. (h/ddg)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]