Objek Wisata Bukittinggi Mulai Dibenahi


Senin, 06 Juli 2015 - 19:25:34 WIB

Adapun objek wisata prabayar yang dilakukan pembenahan terse­but diantaranya objek wisata Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK), Jembatan Limpapeh, Rumah Adat Baanjuang, dan Taman Panorama. Pembenahan yang dila­kukan berupa renovasi kebun bina­tang, renovasi Jembatan Limpapeh, renovasi WC hingga pengecatan dan penataan objek wisata prabayar tersebut. Disamping itu sejumlah  fasilitas pendukung seperti tempat duduk, tempat ibadah,tempat parkir juga tidak luput dari pembenahan.

“Pembenahan yang kami laku­kan tersebut untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung dalam menghadapi libur Idul Fitri 1436 H. Sebab, berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, dimana selama libur lebaran lonjakan pengunjung me­ningkat dari libur-libur biasanya,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bukittinggi Melfi Abra kepada Haluan, Senin (6/7).

Menurutnya, seperti tahun-tahun sebelumnya, diperkirakan Hari Raya Idul Fitri 1436 H tingkat kunjungan wisatawan ke objek-objek wisata di Bukittinggi akan melonjak dari hari libur nasional. Diperkirakan wisatawan yang ber­kunjung ke objek wisata mulai dari hari lebaran pertama hingga sepuluh hari pasca lebaran mencapai 20 ribu orang.

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung tersebut, pihaknya juga sudah melakukan langkah-langkah strategis, terutama dalam mem­berikan rasa nyaman dan aman tersebut. Dimana selama lebaran nanti Pemko Bukittinggi sudah mempersiapkan sejumlah personil dari Sekretariat Dinas Pariwisata, Kepolisian, TNI, Dishub dan Satpol PP untuk mengatsi sejumlah per­soalan selama lebaran.

“Lebaran tahun ini, kami mena­r­getkan penerimaan dari kunjungan wisatawan ke Bukittinggi selama sepuluh hari tersebut bisa mening­galkan uang sebesar Rp2 miliar di kota ini,” ungkap Melfi.

Melfi juga mengatakan, untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung ia telah melakukan beberapa pembenahan terutama dari segi kebersihan, WC, musala, gazebo serta mengecatan Jembatan Limpapeh. Selanjutnya pembe­nahan aquarium ikan di Kebun Binatang dan perbaikan gapura di Benteng For De Kock.

Terkait dengan adanya per­ma­salahan penggutan parkir di se­jumlah objek wisata yang melebihi dari ketentuan pada lebaran nanti, Melfi hanya bisa mengimbau supaya itu jangan sampai terjadi karena menurutnya pembinaan parkir itu berada di bawah Dinas Perhu­bungan Kota Bukittinggi. (h/tot/ril)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]