Pemkab Pessel Buka Peluang Pemekaran Nagari


Senin, 06 Juli 2015 - 19:27:04 WIB

Disebutkannya ada sejumlah nagari yang masih luas dan jumlah penduduk besar dan butuh di mekarkan misalnya di Lengayang, Sutera, Batang Kapas dan Koto XI Tarusan. Maka pemerintah tetap membuka peluang besar untuk pemekaran nagari dengan wilayah yang masih luas tersebut.

“Sepanjang aturan tidak dilanggar, dan pemekaran masih menjadi kebutuhan, ya kita tidak menutup pemekaran bagi nagari lain,” kata Nasrul Abit Bupati Pessel. Nasrul Abit menyebutkan, berdasarkan pertimbangan dan kajian yang dilakukan, hingga kini sejumlah nagari di Pessel perlu perbaikan pelayanan. Dan pelayanan itu ada ditingkat nagari. “Bukan berarti kita melabrak peringatan untuk mengkaji ulang pemekaran. Jadi tidak ada larangan bagi masyarakat di nagari untuk mengajukan profosal pemekaran,” katanya.

Sebelum profosal pemekaran diajukan, diharapkan kepada masyarakat dinagari mengikuti regulasi yang ada. Misalnya Perda 08 Tentang Pemerintahan Nagari yang telah direvisi pada tahun 2010 lalu.

“Contohnya, dalam Perda revisi tersebut di jelaskan jumlah penduduk. Untuk pembentukan nagari baru harus memiliki jumlah penduduk paling sedikit 2.500 jiwa atau 500 KK. Terkecuali atas pertimbangan faktor luas wilayah, letak geografis terpisah, pertimbangan asal usul atau juga kondisi sosial dapat juga dilakukan pemekaran,” katanya. Ini harus jadi perhatian nagari pengusul.

Ia menyebutkan, pemekaran pemerintahan nagari bukanlah keharusan bagi nagari, melainkan peluang bagai masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik yang lebih baik dan lebih dekat. “Untuk itu, pada tahun ini, pemerintah mencoba memfasilitasi pemekaran pemerintah nagari bagi wilayah pemerintahan nagari yang memiliki jumlah penduduk yang sangat padat,” katanya menutup pembicaraan. (h/har)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]