Tim Medis Siaga di Jalur Rawan


Senin, 06 Juli 2015 - 19:40:12 WIB

“Untuk tenaga medis atau petugas kesehatan, se­lama  waktu yang diten­tukan tadi mereka akan bertugas dengan sistem piket atau shift,” papar Lila yang didampingi Kepala Seksi (Kasi) PPK Dinkes Sumbar, Aklima.

Lebih lanjut ia menga­takan, saat ini surat edaran untuk  siaga selama mudik lebaran telah dikirim ke seluruh dinas kesehatan kabu­paten/kota.  Selain akan ada puskemas yang buka 24 jam, sebutnya, pada setiap  jalur mudik yang ra­wan kecelakaan  juga akan didirikan pos-pos pelayanan kesehatan terpadu.

”Untuk pos pelayanan kesehatan terpadu ini, kami tidak juga berjalan  sendiri, namun dinas kesehatan  akan bekerjasama dengan pihak kepolisian, tim siaga bencana, dan pihak terkait lainnya,” jelas Lila.

Untuk pos pelayanan kesehatan terpadu, tam­bahnya, tempat tersebut  tak hanya akan difungsikan un­tuk penanganan kec­elakaan saja, namun juga bisa di­manfaatkan oleh mereka yang mengalami gangguan kesehatan saat di tengah perjalanan.

“Jika ada yang ber­ma­salah dengan kesehatan saat diperjalanan bisa juga pe­riksa pada pos-pos kesehatan terpadu yang tersedia ter­sebut,” jelasnya.

Ia juga menyebut,  jum­lah pos kesehatan terpadu yang akan didirikan disetiap kabupaten/kota nantinya juga akan berbeda. Semua  tergantung pada usulan dari kabupaten kota ber­sangkutan, serta menye­suaikan dengan tingginya tingkat keramaian dan titik rawan kecelakaan yang di­miliki suatu daerah.

Misal,  terang Lila, untuk daerah-daerah yang jadi pu­sat wisata dan banyak di­kunjungi seperti halnya Bu­kittingggi,  Tanah Datar, atau seperti Kota Padang, jumlah pos  kesehatan yang di­di­rikan  bisa mencapai  8 atau sampai 10 posko.

“Sementara pada kabu­paten/kota  yang memang tidak terlalu tinggi tingkat kunjungannya jumlah pos ke­se­hatan yang dimiliki juga akan menyesuaikan,”  jelas Lila.

Tak hanya menyatakan kesiapan  dalam hal tenaga medis dan mensiagakan tem­pat-tempat pelayanan ke­se­hatan, Dinas Kesehatan Pro­vinsi Sumbar juga me­nyatakan siap dalam hal ketersediaan obat-obatan.  “Kita punya stok obat-obatan yang cukup di setiap rumah sakit dan pus­kesmas yang di seluruh ka­bupaten/kota,” pungkasnya. (h/mg-len)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]