Satu Keluarga Dituntut Hukuman Mati


Senin, 06 Juli 2015 - 19:42:04 WIB
Satu Keluarga Dituntut  Hukuman Mati

Mereka disidangkan da­lam berkas terpisah. Jaksa penuntut umum (JPU) yang terdiri Fahmi Jalil, Idham Kholid Dolay dan Erning Kosasih mem­bacakan tun­tutan secara maraton dan bergantian. Mereka satu persatu bergantian duduk di kursi pesakitan. Herman yang disidang paling awal juga tidak kuasa menahan air matanya.

Baca Juga : Perkuat Infrastruktur Digitalisasi Partai, Anis Matta Resmikan Gelora Media Centre

Usai tuntutan dibacakan jaksa, majelis hakim me­minta para terdakwa untuk berkomunikasi dengan pe­na­sihat hukumnya. Setelah berkomunikasi, pena­sehat hukum terdakwa Abdul Aziz mengatakan akan me­nga­jukan nota pembelaan (ple­doi) pada persidangan lanjutan pada 30 Juli 2015 mendatang.

Satu keluarga itu merupakan warga Aceh Timur dan Herman asal Langsa. Mereka ditangkap oleh petugas Polres Aceh Utara di Jalan Medan-Banda Aceh, Desa Cempedak, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara pada 14 Februari 2015. Dalam penang­kapan itu petugas mene­mukan sabu sabu sebanyak 14,4 kg.

Baca Juga : Bangkit Kembali, Partai Masyumi Targetkan 5 Besar Pemilu 2024 di Sumbar

Dalam dakwaan yang diba­cakan JPU Kejari Lhoksukon, disebutkan keempat terdakwa telah sah dan menyakinkan telah melawan hukum dengan mena­warkan untuk dijual, menjual, membeli, menemrima, menjadi perantara jual beli dan me­nu­karkan atau menyerahkan nar­koba jenis sabu sabu.

Atas perbuatan keempat ter­dakwa itu, JPU menuntut dengan primer yakni pasal 114 ayat 2 jo pasal 132 ayat 1 UU No 35 tentang Narkotika dengan anca­man hukuman pidana mati. Si­dang ini dijaga puluhan aparat kepolisian. Kajari Lhoksukon, T.Rah­matsyah kepada wartawan me­ngatakan, berdasarkan fakta, pihaknya tidak menemukan ala­san alasan yang meringankan perbuatan terdakwa.

Baca Juga : Resmi Dideklarasikan, Ini Susunan Majelis Syuro dan DPP Partai Ummat

Perkara ini diamankan pulu­han polisi. Selain itu, perkara ini juga dinilai sangat penting. Hal ini terbukti dengan sidang yang diha­diri Ketua Pengadilan Negeri Lhoksukon T Syarafi, Kepala Kejaksaan Negeri Lhoksukon Teuku Rahmatsyah, Kapolres Aceh Utara AKBP Achmadi, Kepala Rutan Lhoksukon Effendi dan Ketua Mahkamah Syariah Lhoksukon. (dtc/met)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]