Satu Keluarga Dituntut Hukuman Mati


Senin, 06 Juli 2015 - 19:42:04 WIB

Mereka disidangkan da­lam berkas terpisah. Jaksa penuntut umum (JPU) yang terdiri Fahmi Jalil, Idham Kholid Dolay dan Erning Kosasih mem­bacakan tun­tutan secara maraton dan bergantian. Mereka satu persatu bergantian duduk di kursi pesakitan. Herman yang disidang paling awal juga tidak kuasa menahan air matanya.

Usai tuntutan dibacakan jaksa, majelis hakim me­minta para terdakwa untuk berkomunikasi dengan pe­na­sihat hukumnya. Setelah berkomunikasi, pena­sehat hukum terdakwa Abdul Aziz mengatakan akan me­nga­jukan nota pembelaan (ple­doi) pada persidangan lanjutan pada 30 Juli 2015 mendatang.

Satu keluarga itu merupakan warga Aceh Timur dan Herman asal Langsa. Mereka ditangkap oleh petugas Polres Aceh Utara di Jalan Medan-Banda Aceh, Desa Cempedak, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara pada 14 Februari 2015. Dalam penang­kapan itu petugas mene­mukan sabu sabu sebanyak 14,4 kg.

Dalam dakwaan yang diba­cakan JPU Kejari Lhoksukon, disebutkan keempat terdakwa telah sah dan menyakinkan telah melawan hukum dengan mena­warkan untuk dijual, menjual, membeli, menemrima, menjadi perantara jual beli dan me­nu­karkan atau menyerahkan nar­koba jenis sabu sabu.

Atas perbuatan keempat ter­dakwa itu, JPU menuntut dengan primer yakni pasal 114 ayat 2 jo pasal 132 ayat 1 UU No 35 tentang Narkotika dengan anca­man hukuman pidana mati. Si­dang ini dijaga puluhan aparat kepolisian. Kajari Lhoksukon, T.Rah­matsyah kepada wartawan me­ngatakan, berdasarkan fakta, pihaknya tidak menemukan ala­san alasan yang meringankan perbuatan terdakwa.

Perkara ini diamankan pulu­han polisi. Selain itu, perkara ini juga dinilai sangat penting. Hal ini terbukti dengan sidang yang diha­diri Ketua Pengadilan Negeri Lhoksukon T Syarafi, Kepala Kejaksaan Negeri Lhoksukon Teuku Rahmatsyah, Kapolres Aceh Utara AKBP Achmadi, Kepala Rutan Lhoksukon Effendi dan Ketua Mahkamah Syariah Lhoksukon. (dtc/met)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 22 Juli 2020 - 16:47:55 WIB

    Survei Capres 2024: Prabowo Tetap 'Juara Satu', Disusul Ganjar dan Anies

    Survei Capres 2024: Prabowo Tetap 'Juara Satu', Disusul Ganjar dan Anies HARIANHALUAN.COM - Lembaga survei Charta Politika Indonesia juga menggelar survei elektabilitas kandidat calon presiden 2024. Hasilnya, Prabowo Subianto berada di peringkat pertama disusul dengan Ganjar Pranowo dan Anies Basw.
  • Sabtu, 29 Februari 2020 - 12:13:05 WIB

    2024 Masih Lama, tapi PDIP-Gerindra Sudah Mulai 'Bersatu'

    2024 Masih Lama, tapi PDIP-Gerindra Sudah Mulai 'Bersatu' JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pesta demokrasi Pemilihan Presiden 2024 masih lama dengan durasi lima tahun lagi. Namun, PDIP dan Gerindra dinilai sudah mesra dengan membangun koalisi bersatu dari sekarang..
  • Rabu, 26 Februari 2020 - 16:10:04 WIB

    KPU Padang Pariaman Sebut Dokumen Salah Satu Calon Perorangan Diterima

    KPU Padang Pariaman Sebut Dokumen Salah Satu Calon Perorangan Diterima PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Setelah dilakukan pemeriksaan dokumen dukungan calon perseorangan pada pemilihan Bupati Padang Pariaman, Ramal Saleh dan Rustam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Pariaman menyatakan dukung.
  • Senin, 20 Januari 2020 - 10:51:37 WIB

    Satu 'Klan' Jokowi Mundur dari Pencalonan Kepala Daerah

    Satu 'Klan' Jokowi Mundur dari Pencalonan Kepala Daerah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kerabat Presiden Joko Widodo, Wahyu Purwanto dikabarkan mundur dari pencalonan bakal calon bupati (bacabup) Gunung Kidul, DIY. Adik ipar Jokowi itu sebelumnya telah melamar melalui Partai NasDem..
  • Kamis, 27 Juni 2019 - 22:10:46 WIB

    Tak Ada Lagi 01 dan 02. Jokowi: yang Ada Persatuan Indonesia

    Tak Ada Lagi 01 dan 02. Jokowi:  yang Ada Persatuan Indonesia JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk bersatu kembali. Pernyataan itu disampaikan pasca putusan  Mahkamah Konstitusi (MK yang  menolak seluruh gugatan Pilpre.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]