Pasar Cik Puan Pekanbaru Membara Lagi


Senin, 06 Juli 2015 - 19:46:17 WIB

Pantauan Haluan Riau di lokasi kejadian, Senin tadi malam, api tampak masih membesar dan terus melalap kios pedagang yang umum­nya terbuat dari kayu. Suasa­na panik, jelas menghiasi wajah ratusan pedagang yang khawatir barang dagangan­nya musnah.

Mereka berhamburan dan berlari sambil mem­bawa barang-barang daga­ngan tersisa yang masih bisa diselamatkan. Beberapa di antara mereka, khususnya kaum perempuan, tampak tak kuasa menahan tangis sedih melihat sumber mata pencaharian mereka musnah di depan mata.

“Awas-awas, minggir, minggir. Ampun Tuhan, ampun. Orang mau Lebaran, kedai terbakar, penuhlah rumah sakit jiwa,” ujar pedagang yang tampak terus berusaha menyelamatkan barang dagangannya.

Menurut Fitri, salah seorang warga yang ditemui di lokasi kebakaran, api mulai membesar sekira pukul 19.30 WIB. Diduga, api berasal dari kios baju yang berada di tengah pasar. Saat itu, ia mengaku hanya menyangka ada pemilik kios yang sedang mem­bakar sampah.

Namun lama kelamaan, tim­bul kecurigaan dari ia dan warga lainnya karena melihat api sema­kin lama, semakin membesar.

“Awalnya saya hanya mengira api itu dari pembakaran sampah, namun yang saya anehkan kok api itu semakin membesar bahkan sampai ke atap. Saya langsung teriak namun yang ada di se­keliling hanya tukang becak dan satu kedai makan yang masih buka,” kata Fitri masih dengan raut wajah cemasnya.

Hingga pukul 21.30 WIB, api masih berkobar dan melalap ratusan kios di pasar itu. Di­perkirakan, ada sekitar 200 kios pedagang yang musnah akibat dilalap si jago merah.

Sebanyak 15 Unit Damkar dari Pemko Pekanbaru, Pemprov Riau dan PT Chevron, tampak dikerahkan untuk menjinakkan api. Sementara arus lalu lintas ditutup dari segala arah untuk menghindari kemacetan.

“Kita turunkan sebanyak 15 unit mobil pemadam kebakaran untuk menjinakkan api, mengenai penyebab api, kita belum tahu. Kita masih fokus untuk me­madamkan api,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Pekan­baru, Burhan Gurning, yang ditemui di lokasi kebakaran.

Sementara itu, Kepala Kepo­lisisan Resor Kota (Kapolresta), Kombes Syarief Hidayat menga­takan, sangat prihatin dengan peristiwa yang terjadi. Pihaknya juga sudah menurunkan ratusan personil untuk mengantisipasi kemacetan dan adanya pen­ja­rahan.

“Dugaan sementara api mulai muncul pada pukul 19.30 WIB, dari salah satu kios yang berada di tengah Pasar Cik Puan. Me­ngenai penyebab api, kita belum tahu pasti, hanya saja api sudah mulai padam dan yang tinggal hanya puing- puing saja,” katanya.

Atas kejadian tersebut, Ka­polres menyebutkan akan mel­a­kukan upaya upaya penyelidikan termasuk olah TKP untuk men­cari saksi dan penyebab timbulnya api. Pihaknya juga akan segera mendatangkan tim labfor untuk mengetahui pasti mengenai pe­ristiwa itu. (hr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 31 Januari 2020 - 19:51:41 WIB

    Pasar Van Der Capellen Ramaikan Malam Minggu di Batusangkar

    Pasar Van Der Capellen Ramaikan Malam Minggu di Batusangkar BATUSANGKAR, HARIANHALUAN.COM -- Setelah satu tahun lebih mengisi Minggu pagi masyarakat kota Batusangkar, Pasar Van Der Capellen sebagai destinasi digital GenPi yang dikemas dengan nuansa saisuak (tempo dulu), kini akan turu.
  • Senin, 31 Oktober 2016 - 00:37:03 WIB

    Dinas Pasar Usulkan Denda Rp500 Ribu untuk PKL

    Pekanbaru, Haluan — Aksi kucing-kucing yang ditunjukkan pedagang kaki lima Pasar Senapelan (dulu Pasar Kodim) membuat ge­ram Dinas Pasar. Peraturan daerah (perda) baru pun dirancang. Membeli dan men­­jual di daerah terla.
  • Selasa, 09 Agustus 2016 - 03:18:01 WIB

    Gula di Pasaran Natuna Masih Mahal

    Gula di Pasaran Natuna Masih Mahal NATUNA, HALUAN — Keberadaan gula di Natuna sudah banyak beredar di pasaran, hanya saja pedagang dan kon­sumen masih mengeluh karena harga gulanya masih mahal..
  • Rabu, 27 Juli 2016 - 03:36:26 WIB

    Pasar Ikan Siantan Akan Jadi 2 Lantai

    ANAMBAS, HALUAN — Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) berencana akan melaksanakan revitalisasi Pasar Ikan Siantan. Pasalnya kondisi satu-satunya pasar ikan yang ada di Kota Tarempa sudah mulai mem­prihatink.
  • Selasa, 21 Juni 2016 - 03:08:52 WIB

    Daging Impor Serbu Pasar Tradisional

    Daging Impor Serbu Pasar Tradisional DUMAI, HALUAN — Pasca naiknya harga di pasaran, daging impor ilegal mulai membanjiri sejumlah pasar tradisional di Kota Dumai. Masyarakat diminta hati-hati dalam mengonsumsinya, ka­rena bahan pangan tersebut diduga tidak s.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]