Pemudik Lebaran Diminta Waspadai Titik Bencana


Selasa, 07 Juli 2015 - 19:02:59 WIB
Pemudik Lebaran Diminta Waspadai Titik Bencana

Ke-5 titik tersebut rentan terkena bencana alam se­perti timbunan tanah long­sor, tumbangan pohon besar dan genangan air (banjir) bila terjadi hujan.

Baca Juga : Sosialisasi OPS Keselamatan Singgalang 2021, Satlantas Polres Sijunjung Bagi Takjil untuk Pengguna Jalan

Titik-titik rawan tersebut terdapat di enam kecamatan yakni di Koto XI Tarusan terdapat sebanyak empat titik, Bayang tiga titik, IV Jurai dua titik, Batangkapas dua titik, Ranah Pesisir satu titik dan Basa Ampek Balai Tapan tiga titik.

Di sepanjang jalan nasio­nal tersebut juga terdapat banyak tikungan tajam, tan­jakan dan turunan. Maka itu para pemudik dan balik lebaran nanti agar selalu berhati hati, apalagi saat hujan, pengemudi diimbau untuk mengatur kecepatan kendaraan dan hindari ter­buru buru.

Baca Juga : Terus Melonjak, Dharmasraya Sumbang 32 Kasus Positif Covid-19

Menurutnya, kepadatan arus transportasi di jalan lintas barat Sumatera kabu­paten itu akan terjadi mulai tiga hari sebelum lebaran atau H-3 lebaran.

Mengantisipasi kema­cetan arus lalulintas akibat bencana yang bakal terjadi di titik ruas jalan nasional tersebut saat mudik dan balik lebaran 1436 Hijriyah nanti, Dishubinforkom ka­bu­paten setempat melaku­kan koordinasi dengan dinas dan instansi terkait lainnya.

Baca Juga : Sejahterakan Petani Ikan di Pasaman, Diskan-BUMNag akan Menjalin MoU

“Kita sudah koordi­nasi­kan dengan Dinas Peker­jaan Umum Tata Ruang dan Pe­mukiman setempat untuk menyediakan sejumlah alat berat guna mentisipasi ke­macetan akibat tanah long­sor disepanjang ruas jalan lintas barat Sumatera di kabupaten ini pada lebaran Idul Fitri nanti,” katanya.

Mengantisipasi kema­cetan akibat tumpukan ta­nah longsoran, pemkab me­lalui Dinas PU Tata Ruang dan Pemukiman menyiaga­kan empat unit alat berat pada empat daerah yang berdekatan dengan titik-titik rawan di sepanjang jalan lintas barat barat Sumatera di kabupaten itu.

Baca Juga : Kasus Positif Corona di Sumbar Bertambah 286, Sembuh 100, dan Meninggal Dunia 1 Orang

Kepala Satuan Lalu Lin­tas Polres Pesisir Selatan Ajun Komisaris Polisi (AKP) Yogi Febryansyah mengatakan, untuk penga­manan jalan raya mudik dan balik lebaran tahun 2015, polres setempat menge­rah­kan sebanyak 306 orang tim pengamanan gabungan dari berbagai unsur terkait.

Tim gabungan itu se­perti Dinas Hubinforkom, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat­pol PP) dan BPBD be­ker­jasama dengan Ke­po­lisian serta TNI setempat. Mereka akan bertugas di tujuh Pos Pengamanan Arus Mudik (POs PAM) tersebar di sepanjang jalan raya di kabupaten itu. (h/ans)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]