Kejari Didesak Tuntaskan Korupsi Disdik


Selasa, 07 Juli 2015 - 19:05:46 WIB

Hal itu diungkapkan has­­­bih, terkait adanya de­sakan sejumlah tokoh ma­syarakat dan LSM di Kota Payakumbuh, yang men­desak pihak Kejari setempat untuk menuntaskan kasus korupsi pada Dinas Pen­didikan Kota Paya­kum­buh.­ Meski telah menuntut satu tersangka dengan hukuman 6 tahun penjara, tetapi ke­jaksaan diharapkan untuk tidak tebang pilih dalam mengungkap kasus itu.

Dalam perjalanan ka­susnya terang Hasbih, ko­rup­si anggaran Dinas Pen­didikan Kota Payakumbuh berawal dari adanya temuan BPK terhadap laporan ke­ua­ngan fiktif dari kegiatan bakat siswa pada tahun 2010 lalu. Kegiatan berupa lomba dari cabang olahraga mau­pun seni itu, dibiayai APBD Kota Payakumbuh sebesar Rp500 juta.

Anggaran sebesar se­tengah milyar rupiah se­harusnya digunakan untuk kegiatan identifikasi bakat siswa serta pembiayaan atlit, siswa seni, pelatih serta guru pendamping. Tetapi ke­nya­taannya, dari total Rp500 juta, hampir separuhnya diselewengkan.

Kejanggalan tersebut mu­lai diselidiki Kejari Pa­ya­­kumbuh semenjak 2013 la­lu. Puluhan saksi turut di­panggil guna mem­perjelas kasus tersebut. Mantan Ke­pala Dinas Kota Paya­kum­buh yang menjabat saat itu yakni Edvianus serta dari PPK/KPA Rus­wan Arta, turut dipanggil. Pada akhir 2014 lalu, PPTK kegiatan tersebut, yakni RM lang­sung ditetapkan sebagai tersang­ka.

Semenjak Juli ini, Kejak­saan Negeri Payakumbuh kembali memperdalam ka­sus tersebut berdasarkan keterangan tersangka RM dihadapan Hakim Tipikor Padang beberapa waktu lalu. Dalam persidangan, RM turut menyebut beberapa nama pejabat di lingkungan Pemko Payakumbuh yang diduga ikut menikmati uang korupsi tersebut.

“Kerugian negara da­lam kasus ini mencapai Rp257 juta,” tandas Has­bih. (h/ddg)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 20 Juli 2020 - 22:29:12 WIB

    Hari Adhiyaksa Kejari Payakumbuh ke-60 Diisi Kegiatan Sosial

    Hari Adhiyaksa Kejari Payakumbuh ke-60 Diisi Kegiatan Sosial HARIANHALUAN.COM - 22 Juli mendatang merupakan hari istimewa bagi Kejaksaan Negeri (Kejari) Payakumbuh. Kenapa tidak, pada tanggal tersebut merupakan hari lahirnya Kejaksaan di Republik Indonesia, 60 tahun silam. Karena itu, .
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 21:58:52 WIB

    Kejari Solsel Diusulkan Menjadi WBK, Gedung Lama di Muara Labuh Bakal Alih Fungsi

    Kejari Solsel Diusulkan Menjadi WBK, Gedung Lama di Muara Labuh Bakal Alih Fungsi HARIANHALUAN.COM - Kejaksaan Negeri (Kejari) Solok Selatan (Solsel) termasuk satu dari tujuh Kejaksaan Negeri di lingkungan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat (Sumbar) menjadi satuan kerja (Satker) menuju Wilayah Bebas .
  • Jumat, 12 Juni 2020 - 13:27:32 WIB

    Kejari Turut Dampingi dalam Kelola BTT di Agam

    Kejari Turut Dampingi dalam Kelola BTT di Agam HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Agam mendapat pendampingan dari Kejaksaan Negeri dalam pengelolaan dana Bantuan Tidak Terduga (BTT) penanganan Covid-19. Sekretaris Daerah Pemkab Agam Martias Wanto mengatakan, pihaknya.
  • Selasa, 14 April 2020 - 18:51:37 WIB

    Kejari Bukittinggi 'Warning' Pemko Bukittinggi, Ada Apa?

    Kejari Bukittinggi 'Warning' Pemko Bukittinggi, Ada Apa? BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Pemko Bukittinggi secepatnya meminta pendampingan kepada Kejaksaan Negeri Bukittinggi terkait pergeseran (refusing) anggaran APBD yang akan digunakan untuk bantuan kepada masyarakat terdampak C.
  • Kamis, 09 April 2020 - 18:05:19 WIB

    Kejari Payakumbuh Siap Tindak Tegas Penyalahgunaan Bantuan dan Anggaran Covid-19

    Kejari Payakumbuh Siap Tindak Tegas Penyalahgunaan Bantuan dan Anggaran Covid-19 PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Dua pemerintahan di Luak Limopuluah, yaitu Pemko Payakumbuh dan Pemkab Limapuluh Kota, serius dalam antisipasi penyebaran virus Corona. Buktinya saja, hampir Rp 50 miliar anggaran yang berasal d.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]