Kejari Didesak Tuntaskan Korupsi Disdik


Selasa, 07 Juli 2015 - 19:05:46 WIB
Kejari Didesak Tuntaskan Korupsi Disdik

Hal itu diungkapkan has­­­bih, terkait adanya de­sakan sejumlah tokoh ma­syarakat dan LSM di Kota Payakumbuh, yang men­desak pihak Kejari setempat untuk menuntaskan kasus korupsi pada Dinas Pen­didikan Kota Paya­kum­buh.­ Meski telah menuntut satu tersangka dengan hukuman 6 tahun penjara, tetapi ke­jaksaan diharapkan untuk tidak tebang pilih dalam mengungkap kasus itu.

Baca Juga : Gubernur: Jalan Abai Sangir-Sungai Daerah Perpendek Jarak Tempuh

Dalam perjalanan ka­susnya terang Hasbih, ko­rup­si anggaran Dinas Pen­didikan Kota Payakumbuh berawal dari adanya temuan BPK terhadap laporan ke­ua­ngan fiktif dari kegiatan bakat siswa pada tahun 2010 lalu. Kegiatan berupa lomba dari cabang olahraga mau­pun seni itu, dibiayai APBD Kota Payakumbuh sebesar Rp500 juta.

Anggaran sebesar se­tengah milyar rupiah se­harusnya digunakan untuk kegiatan identifikasi bakat siswa serta pembiayaan atlit, siswa seni, pelatih serta guru pendamping. Tetapi ke­nya­taannya, dari total Rp500 juta, hampir separuhnya diselewengkan.

Baca Juga : Pengawasan Penerapan Prokes Ketat Dilakukan di Simpang Gudang Agam

Kejanggalan tersebut mu­lai diselidiki Kejari Pa­ya­­kumbuh semenjak 2013 la­lu. Puluhan saksi turut di­panggil guna mem­perjelas kasus tersebut. Mantan Ke­pala Dinas Kota Paya­kum­buh yang menjabat saat itu yakni Edvianus serta dari PPK/KPA Rus­wan Arta, turut dipanggil. Pada akhir 2014 lalu, PPTK kegiatan tersebut, yakni RM lang­sung ditetapkan sebagai tersang­ka.

Semenjak Juli ini, Kejak­saan Negeri Payakumbuh kembali memperdalam ka­sus tersebut berdasarkan keterangan tersangka RM dihadapan Hakim Tipikor Padang beberapa waktu lalu. Dalam persidangan, RM turut menyebut beberapa nama pejabat di lingkungan Pemko Payakumbuh yang diduga ikut menikmati uang korupsi tersebut.

“Kerugian negara da­lam kasus ini mencapai Rp257 juta,” tandas Has­bih. (h/ddg)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]