ASN Berpolitik Terancam Diberhentikan


Selasa, 07 Juli 2015 - 19:06:57 WIB

Menurutnya, ASN yang terlibat aktif menjadi tim sukses calon walikota atau wakil walikota, bisa dipecat atau diberhentikan secara tidak hormat. Hal ini diatur dalam PP Nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS. “Kita harap PNS bisa men­jaga birokrasi agar tetap netral. Saran kami, Sekda segera mengeluarkan surat edaran (SE) tentang sanksi bagi PNS yang melanggar,” tutur Nur Idris.

Menurut alumni Fakul­tas Hukum Mu­hammadiyah Bu­kit­tinggi ini, pilkada yang akan digelar nanti harus berjalan dengan damai dan lancar. Salah satu konflik pilkada di daerah itu me­nurut­nya adalah soal ne­tra­litas PNS.

“Kalau ada oknum PNS nanti ditemukan tidak netral maka potensi konflik dalam pilkada akan muncul. Kita tidak menginginkan Pilkada diributkan soal tidak ne­tral­nya PNS,” harapnya.

Parpol Belum Tegas

M. Nur Idris yang juga merupakan politikus PAN Bukittinggi, menilai jika hingga saat ini partai politik di Kota Bukittinggi belum tegas menentukan pasangan calon yang diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bukittinggi 2015. Menurutnya, perhitungan politik agar tidak salah lang­kah, selalu menjadi dalih partai politik yang akan me­ra­mai­kan Pilkada 2015 ini.

M. Nur Idris me­nga­takan, tidak ada satu­pun partai politik di Bukittinggi yang bisa mengusung pa­sangan calon sendiri, men­jadi pen­ye­bab lambannya mesin par­tai untuk bersikap. Ren­dah­nya negosisasi koa­lisi antar partai politik juga dinilai menjadikan pilkada Bukit­tinggi semakain ga­mang.

“Negoisasi an­tar partai politik untuk melakukan langkah koalisi belum ter­lihat tajam. Masing-masing partai ma­sih bersikeras un­tuk maju menjadi orang nomor satu. Kalau seperti ini terus langkah ko­alisi sulit untuk di­wu­judkan,” ujar Nur Idris.

M. Nur Idris juga me­nga­takan, saat ini pengurus parpol cenderung me­ngam­bil langkah pragmatis yakni meraih keuntungan dan me­n­dapat kekuasaan, sehingga semua ingin maju menjadi orang nomor satu. “Ini yang belum disadari oleh partai politik di Bukittinggi, su­dahlah belum mencukupi kursi dalam pengajuan pa­sangan calon, tapi sudah berebut untuk menjadi or­ang nomor satu,” sindirnya. (h/wan)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]