WBO Cabut Gelar Juara Mayweather


Selasa, 07 Juli 2015 - 19:09:32 WIB
WBO Cabut Gelar Juara Mayweather

Sebagai catatan, May­weather saat ini masih me­me­gang sabuk juara WBA dan WBC junior kelas mene­ngah. Pencabutan gelar oleh WBO tersebut membuat kelas welter dalam posisi lowong. Demikian dikutip dari ESPN.

Baca Juga : Selamat Datang di Semen Padang FC, Dedi Gusmawan!

“Komite Juara Dunia WBO tidak memiliki alter­natif lain kecuali untuk berhenti mengakui Mr. Floyd Mayweather Jr. se­bagai juara dunia WBO kelas welter dan mengo­songkan titelnya karena ga­gal mengikuti regulasi WBO,” demikian pernya­taan resmi WBO, kemarin.

Tak lama setelah me­ngalahkan Pacquiao, May­weather sebenarnya sempat berucap kalau dia akan me­lepas sabuk juara dunia yang lebih dulu dia miliki. Na­mun sampai tenggat wak­tu yang ditetapkan WBO pada 4 Juli lalu, Mayweather belum juga melakukannya.

Baca Juga : Terkait Aksi Brutal Israel ke Palestina, Mohamed Salah Tulis Pesan Ini di Twitter

“Saya tidak tahu apakah akan melakukannya di hari Senin atau mungkin dalam beberapa pekan ke depan. Saya akan berbicara dengan tim saya untuk melihat apa yang haru kami lakukan. Pe­tinju lain butuh kesem­pa­tan (untuk memenangi ge­lar jua­ra dunia). Berikan ke­sem­patan pata petinju lain. Aku bukan orang yang sera­kah. Aku juara dunia di dua ke­las berbeda. Ini wak­tu­nya mem­biarkan petinju laun mem­perebutkan sabuk juara itu,” sahut Mayweather ketika itu

Mayweather juga alpa membayar ‘sanctioning fee’ (uang yang harus dibayarkan petinju pada organisasi tinju yang menggelar laga me­reka) sebesar US$ 200.000 pada WBO. Padahal dari pertarungannya dengan Pac­man dia mengantongi lebih dari US$ 220 juta.

Timothy Bradley (Ame­rika Serikat) menjadi peng­ganti Mayweather sebagai pemilik gelar juara kelas welter, meski idealnya juara baru ditentukan di atas ring di mana sang juara tampil untuk mempertahankan ge­lar­nya. Namun pencabutan gelar oleh WBO membuat skenario itu tidak bakal dilakukan.

WBA dan WBC sebe­narnya juga punya aturan yang sama soal kepemilikan gelar juara dunia di dua kelas berbeda. Namun dua badan tinju tersebut memilih untuk melanggar aturannya sendiri dan membiarkan May­weat­her tetap memiliki titel-titelnya, sampai akhirnya WBO mengambil tindakan tegas ini. (h/dtc)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]