Pemko Bagikan 2.867 Sembako Gratis


Rabu, 08 Juli 2015 - 18:50:44 WIB
Pemko Bagikan 2.867 Sembako Gratis

Pembagian paket sem­bako berupa 2 Kg gula, 2 liter minyak goreng kemasan dan satu kaleng ikan sarden uku­ran besar tersebut, di­ba­gikan secara simbolis oleh Walikota Bukittinggi Ismet Amzis didampingi kepala Diskoperindag Bukittinggii M Idris kepada warga pene­rima yang dilakukan di kan­tor camat dan di kantor kelurahan masing-masing.

Baca Juga : BPBD Sumbar: Jangan Telan Mentah-mentah Informasi Bencana di Media Sosial

“Pembagian sembako gra­tis merupakan program rutin yang selalu dilak­sana­kan Pem­ko Bukittinggi men­jelang lebaran. Pem­bagian ini ber­tujuan untuk membantu war­ga kurang mampu dalam meng­hadapi lonjakan harga men­jelang lebaran,” ujar Is­met Amzis ketika me­nye­rahkan paket sembako untuk war­ga ku­rang mampu  di kelu­rahan Campago Ipuh, Rabu (8/7).

Menurut Ismet, program pembagian sembako gratis ini pada awalnya meru­pa­kan program berupa subsidi sem­bako dengan menggelar bazar atau pasar murah bagi ma­syarakat dengan sistim kupon. Namun dalam pelak­sanaan di lapangan program tersebut sering tidak tepat sasaran.

Baca Juga : 17 Napi Rutan Kelas IIB Maninjau Dapat Remisi Idul Fitri

Sebab, banyak warga mam­pu yang lebih me­man­faatkan program sub­sidi tersebut. Dan warga kurang mam­pu sendiri yang men­jadi target dalam program subsidi sembako ini tidak mampu untuk membeli ku­pon bazar yang digelar ter­sebut. Sehingga mulai tahun 2010, program ini diubah menjadi pembagian sem­bako gratis.

“Kami tidak me­ngi­ngin­kan program untuk warga kurang mampu yang dija­lankan tidak tepat sasaran. Karena Itulah kenapa kita merubah dari program sub­sidi sembako menjadi pem­bagian sembako gratis. Se­hingga warga kurang mam­pu, betul-betul mendapat kemudahan dari program tersebut,” kata Ismet.

Sementara itu Kepala Diskoperindag M Idris me­nga­takan, untuk  pem­ba­gian sembako gratis untuk lebaran tahun 2015, Pemko telah menyediakan dana sebesar Rp215 juta, yang diperun­tukkan bagi 2.867 warga ku­rang mampu yang tersebar pada 24 kelurahan di  tiga kecamatan yang ada. Dari 2.867 penerima paket sem­bako tersebut ter­se­­bar di 7 kelurahan di Kecamatan Gu­guk Panjang, 8 kelurahan di Keca­matan ABTB dan 9 kelu­rahan di Kecamatan MKS.

“Memang bantuan sem­bako yang kita berikan ini jauh dari kata cukup, namun kita berharap sembako ini dapat meringankan beban warga yang kurang mampu. Terutama dalam menyam­but Hari Raya Idul Fitri 1436 H,” ungkap Idris. (h/tot)

BERITA POPULER Index »


BERITA TERKINI Index »

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]