Selama Lebaran, Padang Panjang Siagakan Empat Puskesmas


Rabu, 08 Juli 2015 - 18:52:12 WIB

Dikatakannya, selain bu­ka selama 24 jam, tidak ada cuti bagi perawat atau tim paramedis, termasuk dokter di Puskesmas yang telah ditunjuk. Puskesmas harus memberlakukan sistem ber­gantian sehingga pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu selama masa Le­baran.

Puskesmas yang buka 24 jam tersebut khususnya un­tuk melayani pasien yang harus dirawat inap sehingga apabila ada masyarakat yang sakit, atau kecelakaan pada saat mudik Idul Fitri, bisa segera mendapat perto­lo­ngan dari tim medis.

Empat Puskesmas yang buka 24 jam tersebut dian­taranya Puskesmas Bukit Surungan, Puskesmas Gu­nung, Puskesmas Kebun Sikolos dan Puskesmas Ko­to Katiak. “Selain empat Puskes­mas tersebut, Rumah Sakit Umum Daerah (RS­UD) Padang Panjang juga mela­yani masyarakat 24 jam selama lebaran Idul Fitri tahun ini,” ujarnya.

Sehubungan dengan itu, Dinas Kesehatan Padang Panjang juga terlibat dalam pelayanan di pos penga­manan arus mudik, yang bekerja sama dengan pihak kepolisian dan instansi ter­kait lainnya, dimana di se­tiap pos, satu perawat akan bersiaga.

Terpisah, Wakil W­ali­kota Padang Panjang, Ma­wardi menyampaikan, seba­gai dae­rah perlintasan dan tujuan wisata di Suma­tera Barat, Padangpanjang akan mem­berikan pelayanan mak­simal kepada pe­ngun­jung ataupun perantau yang ingin berle­baran di kam­pung halaman.

“Kita sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan untuk me­nyiagakan seluruh fasilitas kesehatan, termasuk tenaga medis. Karena, berbagai kemungkinan bisa saja ter­jadi dan keterlambatan pe­na­nganan medis bisa men­jadi masalah dalam suatu peristiwa,” kata Mawardi yang juga berprofesi sebagai dokter itu.

Disampaikannya, sela­ma Lebaran, masyarakat lebih cendrung tidak bisa mengkontrol komsumsi me­reka dan juga bagi ma­sya­rakat yang melakukan per­jalanan juga tidak terlepas dari ancaman berbagai peris­tiwa di jalan. “Jika kita sudah standby, berbagai ke­mung­kinan yang terjadi bisa segera kita atasi. Sehingga, tidak ada keluhan yang akan terjadi dengan pelayanan yang telah kita lakukan,” terangnya. (h/mg-pis)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]