Sejumlah Makanan Tak Layak Konsumsi Ditemukan


Rabu, 08 Juli 2015 - 18:54:01 WIB

Kepala Dinas Kope­rindag Febrizal Anshori menyatakan, dalam ins­peksi makanan selama bu­lan puasa tersebut meru­pakan kegiatan rutin untuk melindungi konsumen agar tidak mengonsumsi zat ber­b­ahaya. Dan dalam inspeksi tersebut, tim menemukan sejumlah jenis makanan yang bercampur dengan unsur berbahaya seperti formalin, dan bahan lain seperti borax.

“Dari hasil tim kita dila­pa­ngan banyak ditemukan bahan yang berbahaya se­perti formalin dan borax yang terkandung dalam ba­han makanan seperti ikan lokal dan ikan yang berasal dari luar daerah kabupaten, rumput laut, cincau dan lainnya, tetapi tidak semua­nya positif mengandung formalin dan borax,” ung­kapnya.

Pihaknya me­nam­bah­kan, sebelumnya tim me­ngam­bil sampel makanan yang dijual pedagang di kawasan Pasar tradisional Tanjung Ampalu, Pasar Si­jun­jung, Pasar padang Sibu­suk dan pasar tradisional lainnya di wilayah Kabu­paten Sijun­jung. Dari hasil pemeriksaan di la­bo­ra­to­rium kesehatan daerah ada sejumlah maka­nan serta ikan yang dijual positif me­ngandung for­malin dan borax.

Dikatakan Febrizal Ans­hori, dari hasil pemeriksaan tersebut telah disampaikan kepada Pemerintah Kabu­paten Sijunjung untuk ditin­daklanjuti. “Kami hanya memeriksa apakah ada ma­ka­nan yang dijual ke ma­syarakat mengandung unsur berbahaya atau tidak  dan selain mengecek kualitas, pemerintah juga mengecek harga masing-masing bahan makanan, lantaran biasanya harga akan naik menjelang Hari Raya Idul Fitri,” je­lasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, dr. Edwin Supra­yogi M,Kes mengimbau ke­pada masyarakat untuk lebih meneliti lagi makanan yang akan dikonsumsi.

“Masyarakat diminta un­t­uk mengetahui tanda-tanda makanan yang mengandung pewarna tekstil terlihat lebih jelas dan mencolok misal berwarna kuning ngejreng dan jika ditambahkan d­e­ngan air maka warnanya tetap terlihat mencolok,” jelasnya.

Pihaknya juga menam­bahkan, dampak formalin terhadap kesehatan efeknya jangka panjang dan jangka pendek dari gangguan iritasi pada lambung dan mual yang tidak kita sadari maka akan berdampak bertahun-tahun seperti gangguan sya­raf, gangguan ginjal, hati dan dampaknya tidak langsung. (h/ogi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]