Inspektorat Data Ijazah ASN Pemprov Sumbar


Rabu, 08 Juli 2015 - 19:14:17 WIB
Inspektorat Data Ijazah ASN Pemprov Sumbar

“Pengumpulan data ini kita targetkan siap akhir Juli. Setelah ini selesai nanti kita akan membentuk tim Aparat Pengawasan Intern Pe­merin­tah (APIP) dan Badan Kepe­gawaian Daerah (BKD),” terangnya.

Baca Juga : Padang Aktifkan Kembali Kampung Nelayan untuk Tempat Karantina Covid-19

Dilanjutkan Erizal, se­telah data terkumpul maka akan diminta informasi ke­pada PT terkait ijazah yang dikeluarkan PT tersebut. Dari data tersebut apabila ada yang mencurigakan ma­ka akan dilakukan pe­nye­likan lanjutan.

“Memang untuk hal ini butuh waktu yang cukup panjang. Kita akan mela­kukan­n­ya dengan sungguh-sungguh dan teliti,” jelasnya.

Baca Juga : Pemuda Villa Indah Padang Bagi-bagi THR, Pakai Cara Tak Biasa

Sebelumnya, menin­dak­lanjuti surat edaran Men­teri Pendayagunaan Aparatur Ne­gara dan Reformasi Biro­krasi (MenPAN RB) terkait pe­meriksaan ulang ijazah pen­didikan tinggi ASN, Inspek­torat Sumbar mela­yangkan surat ke seluruh Sa­tuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar mengum­pulkan rincian data ijazah masing-masing pe­gawainya. Gubernur Sum­bar Irwan Prayitno mene­gas­kan, jika dalam peme­riksaan ulang  dite­mu­kan pegawai yang meng­­­gunakan ija­zah palsu, maka pegawai ber­sangkutan akan diberikan sanksi.

“Sanksinya dapat berupa penurunan pangkat atau pun golongan. Selain itu, ber­kemungkinan diancam hu­kuman pidana karena peng­gunaan ijazah palsu tergo­long tindakan penipuan,” tegas Irwan. (h/mg-isr)

BERITA POPULER Index »


BERITA TERKINI Index »

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]