Penyaluran Zakat Harus Sesuai Syariat Islam


Kamis, 09 Juli 2015 - 19:20:23 WIB
Penyaluran Zakat Harus Sesuai Syariat Islam

Sesuai ketentuan syariat (Islam),  kata bupati lebih lanjut,  ada delapan asnap penerima dana zakat, ter­masuk dana yang disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Ka­bupaten Pasaman Barat. Dari delapan macam berhak me­nerima dana zakat di­mak­s­ud, di antaranya adalah diberikan kepada fakir mis­kin, orang mualaf, gharim (orang ber­hutang), dan se­bagainya.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Sebelumnya, Kepala Kan­­tor Kementerian Agama Pasaman Barat, Marjanis, menyampaikan, disa­lur­kan­nya sejumlah dana kon­su­m­tif, melalui Baznas Pasa­man Barat kepada yang berhak menerimanya adalah wujud ke­pedulian sekaligus ke­prihatinan pemerintah ber­sama Baznas akan kondisi kehidupan masyarakatnya.

Menurut Marjanis, ke­giat­an penyaluran dana kon­sumtif dikelola Baznas Pa­saman Barat, bukanlah se­mata melaksanakan ruti­nitas. Hal ini adalah melak­sanakan aturan yang telah ditentukan dalam syariat Islam. “Karena itu, syu­kurilah nikmat yang telah Allah SWT berikan, walau melalui peranserta pengurus Baznas,” harapnya..

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Kalau ada di antara war­ga menangis ketika melihat bergembira merayakan hari raya, pada beberapa hari ke depan, adalah tanggung ja­wab bersama. “Secara pri­badi dan keluarga, dirinya tidak rela jika masih ada warga Pasaman Barat me­nangis di tengah suasana cuka cita”, katanya.

Mengingat pentingnya kebersamaan dan saling ta­ng­­gung jawab, baik kalangan pemerintah, lembaga ke­agamaan dan sosial ke­ma­sya­rakatan maupun setiap pribadi memikirkan nasib saudaranya. Agaknya, prog­ram dilaksanakan Baznas Pasaman Barat adalah wu­jud nyata dan harus diles­tarikan setiap saat.

Baca Juga : Bantu Korban Bencana di Sulbar, Pemprov Sumbar Kembali Gelontorkan Dana Rp241 Juta

Ketua Harian Baznas Pasaman Barat, Nofdinal Yefri, didampingi Sekre­taris, Suharjo Lubis, pada kesem­patan itu me­nyampaikan, hari Kamis, 9 Juli 2015, penyaluran dana konsumtif dana zakat dilak­sanakan di dua kecamatan secara ber­sa­maan. Pen­dis­tri­busian dana zakat perta­ma dilaks­a­na­kan di Mesjid Raya Parit, Ke­camatan Pa­rit Koto Ba­ling­ka. Jumlah penerima di Pa­rit sebanyak 780 orang, yait­u 26 ke­jorongan dika­li­kan dengan 30 orang pene­ri­ma, total dana yang disa­lur­­kan men­capai Rp390 juta.

Di Kecamatan Lembah Melintang, dilaksanakan di Mesjid Istiqamah Jorong Kuamang, Nagari Ujung Gading. Penerima dana kon­­sumtif di kecamatan itu sebanyak 480 orang, yaitu sebanyak 16 kejorongan dikalikan dengan 30 orang per jorong. Di Nagari Ujung Gading, disalurkan dana kunsumtif zakat sebanyak Rp240 juta. (h/gmz)

Baca Juga : Gubernur Minta Sumbar Jangan Lagi Masuk Zona Merah Covid-19

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]