Seluruh Kelurahan Sudah Punya Bidan


Kamis, 09 Juli 2015 - 19:23:02 WIB
Seluruh Kelurahan Sudah Punya Bidan

Setiap masyarakat di kelurahan maupun ibu ha­mil bisa memanfaatkan tenaga bidan karena tempat tugas bidan itu juga dileng­kapi berbagai peralatan me­dis sesuai kelasnya, selain peralatan yang serba ter­batas juga dibangunkan fa­silitas praktiknya yang lebih dikenal dengan pos kese­hatan kelurahan (Poskes­kel).

Baca Juga : Selama Larangan Mudik, Sebanyak 300 Kendaraan Disuruh Putar Balik di Sumbar

Kendati Kota Solok m­e­ru­pakan sebuah kota kecil namun pelayanan kesehatan bagi masyarakat tidaklah terabaikan sesuai tingkatan gangguan kesehatan.

Kalau masyarakat itu hanya kena flu dan deman maupun ingin pemeriksaan ibu hamil bisa dilayani di poskeskel tanpa harus ke puskesmas ataupun rumah sakit. Bidan sendiri juga melakukan tindak lanjut jika penanganan kesehatan terbilang serius.

Baca Juga : Dibangun dalam Waktu Sangat Singkat, Masjid Ihsan Sungai Patai Sudah Dibuka

Poskeskel itu, lanjut Ar­ya Wentry, dibangun tergan­tung kepadatan dan luas kelurahan, ada kelurahan yang luasnya 64 Km diba­ngun 1 buah poskeskes, tapi ­jika luasnya lebih dari 100 m2 bisa saja 2-3 poskeskel dan juga 1 buah puskesmas pembambantu (Pustu). Un­tuk ukuran Kota Solok sebagai kota kecil, jumlah tenaga bidan di kelurahan yang ada sudah mencukupi.

Sementara itu, Pemda Kota Solok melalui Dinas Kesehatan juga terus me­ngem­bangkan rumah sakit untuk perawatan ibu dan anak yang terletak di pusat Kota Solok.

Rumah sakit perawatan ibu dan anak itu bersifat umum, siapa saja yang ingin berobat dilayani di rumah sakit tersebut. Untuk men­dukung pelayanan rumah sakit itu juga ditempatkan 3 orang dokter umum dan 1 orang dokter spesialis. (h/alf)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]