KPU Sumbar Tunggu Petunjuk KPU RI


Kamis, 09 Juli 2015 - 19:42:59 WIB
KPU Sumbar Tunggu Petunjuk KPU RI

“Hingga saat ini, di luar putusan MK terbaru, PNS, TNI dan Polri sudah harus menyerahkan surat pen­gun­duran diri saat pendaftaran. Juga dilengkapi dengan surat dari atasan masing-masing yang menyatakan sedang mengurus pengunduran diri yang bersangkutan,” ucap Amnasmen, usai membuka kegiatan bimbingan teknis dengan KPU kabupaten dan kota terkait pencalonan di Padang, Kamis (9/7).

Baca Juga : Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, Pemko Padang Sidak Kehadiran ASN

Bimtek ini memberikan penjelasan tentang banyak hal terkait pencalonan. Ter­masuk persoalan syarat ke­sehatan calon, koordinasi KPU dengan pengadilan negeri untuk memeriksa kebersihan calon di mata hukum dan lainnya.

Sementara itu Koor­di­na­tor Divisi Sosialisasi KPU Sumbar, Nova Indra me­ngi­ngat­kan tentang pem­ben­tu­kan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di kabupaten dan kota. Ve­rifi­kasi data pemilih yang dila­kukan PPDP adalah momen yang sangat bagus untuk men­sosialisasikan pemilu, karena PPDP lang­sung bertemu de­ngan masyarakat.

Baca Juga : Libur Lebaran Usai, Dinkes Kota Padang: Masyarakat Harus Lakukan Tes Swab

Untuk itu, pihaknya me­minta KPU kabupaten kota segara membentuk PPDP dan setelah dibentuk be­ri­kan mereka bimtek tentang verifikasi data, sekalian tentang sosialisasi Pilkada. “Paling lambat 12 Juni PP­DP harus terbentuk, ke­mu­dian langsung buat alur pemutakhiran data pemilih di kantor walinagari masing-masing, agar masyarakat tahu bagimana prosedur ketika mereka tidak masuk data pemilih,” jelas Nova Indra.

Denah alur pemutakhi­ran data harus selesai dalam tiga hari yakni dari tanggal 13 hingga 15 Juli. Setalah itu PPDP akan bergerak mel­a­kukan verifikasi. Ia juga meminta agar KPU kabu­paten kota tidak puas dengan sosialisasi lewat baliho saja, tapi KPU harus pandai men­cari formulasi lain.

“Kalau sosialisasi me­lalui spanduk, baliho dan stiker, hanya me­ngin­for­masikan nama-nama calon, partai dan lainnya. Tapi yang harus disampaikan kepada masyarakat adalah tentang track record tentang calon yang harus disampaikan lewat pertemuan, seminar, dan lainnya,” pungkasnya. (h/mg-rin)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]