Jumlah Perantau Pulang Turun


Kamis, 09 Juli 2015 - 19:51:07 WIB

Hal ini kata Muhammad Yani, dipengaruhi oleh le­sunya ekonomi perantau, karena mereka harus me­nge­luarkan biaya banyak untuk pulang kampung, biaya pen­didikan, dan biaya untuk leba­ran, sementara pere­ko­nomian mereka tidak men­dukung.

“Kita perkirakan yang nantinya pulang diper­kira­kan hanya yang sudah me­ngalokasikannya dari jauh-jauh hari,” ucap M.Yani.

Khusus untuk perantau yang pulang basamo, ujar M. Yani, saat ini belum banyak yang melaporkan pada Pem­prov Sumbar. Dari sebanyak 77 badan koor­dinasi (Bako) peratau, baru dua organisasi yang me­laporkan akan pulang kam­pung, yakni, perantau dari Kinali, Pasaman Barat se­banyak 600 orang ke­mudian Tanjung Raya, Agam se­banyak 500 orang.

“Kita perkirakan hingga H-3 lebaran, masih akan ada perantau yang akan me­laporkan untuk pulang kam­pung,” ungkapnya.

Untuk menyambut ke­datangan perantau, tahun ini Pemprov Sumbar juga tidak me­nye­lenggarakan iven khu­­­sus. Karena pada umum­nya, perantau akan me­nga­dakan kegiatan di kampung dan nagari asal.

Guna menjalin sila­tu­rah­mi, Kantor Penghubung Pem­prov Sumbar juga telah meng­gelar menampung as­pi­rasi dari perantau di Ja­karta. Selain itu juga meng­ge­lar halalbihalal.

Data Pemprov Sum­bar, sekarang ada sebanyak 77 Bako Perantau dan 71 Ika­tan Keluarga Minang (IKM).(h/mg-isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]