Kelayakan Angkutan Umum Lebaran akan Diperiksa


Jumat, 10 Juli 2015 - 20:03:52 WIB

“Lonjakan penumpang dan tingginya intensitas kendaraan, membuat pengusaha angkutan sering lalai untuk memeriksa kondisi kendaraan mereka, teruma sopirý dengan jarak temput yang jauh. Sehingga, sering memicu kecelakaan di jalan raya yang mengakibatkan kerugian materi hingga jiwa,” kata Hendri Arnis.

Disampaikannya, khusus untuk petugas Dinas Perhubungan dan Kominfo dan seluruh personil yang terlibat dalam pengamanan Lebaran,  juga diminta untuk menjaga kesehatannyaý, termasuk juga mencukupi asupan gizi yang mereka komsumsi.

“Jangan sampai mereka sibuk bekerja jadi lupa makan, tidak mengkonsumsi vitamin dan kurang istirahat. Apalagi mereka bekerja saat orang lain sedang berlebaran, ini harus menjadi perhatian kita bersama,” kata Walikota muda itu.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Kota Padang Panjang Iriansyah Tanjungý menyampaikan, jika ditemukan kendaraan yang layak jalan akan menghentikan kendaraan tersebut, termasuk juga kesehatan sopir.

“Kita tidak akan main-mainý dengan pengecekan layak kendaraan tersebut. Kita juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Pihak Kepolisian, sehingga pemeriksaan yang kita lakukan tersebut, bisa mem­berikan kenyamanan kepada penumpang dan ma­syarakat pengguna jalan,” sebut Iriansyah Tanjung.

Selain pemeriksaan kendaraan dan kesehatan sopir, Dinas Perhubungan Kota Padangpanjang juga me­nyiapkan beberapa kendaraan pengganti, jika ada kendaraan yang mengalami kerusakan di wilayah Kota Padangpanjang. Kendaraan tersebut nantinya akan mengangkut penumpang ke terminal-terminal pe­numpang. “Kita memang tidak menyiapkan bus atau kendaraan dengan kapasitas besar. Karena kita hanya daerah perlintasan, sehingga pemindahan penumpang tersebut hanya akan dilayani oleh bus-bus kecil dan angkutan perbatasan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Hendri Arnis juga memberikan surprise kepada 10 kendaraan pertama yang diperiksa kelayakannya, dengan membebaskan biaya pengujian dan ditanggung oleh Pemko Padangpanjang.

Man Panjang, salah seorang perwakilan pengusaha angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang juga mengikuti kegiatan tersebut, sangat mengapresiasi kebijakan yang dilakukan oleh Walikota dengan memeriksa dan menfasilitasi sopir kendaraan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. (h/mg-pis)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 19 Juli 2019 - 19:40:58 WIB

    Soal Kelayakan Ganti Rugi Lahan, Tim Appraisal Tol Padang – Pekanbaru Diganti

    Soal Kelayakan Ganti Rugi Lahan, Tim Appraisal Tol Padang – Pekanbaru Diganti PADANG, HARIANHALUAN.COM — Tim appraisal pembebasan lahan ruas tol Padang Pariaman–Pekanbaru telah secara resmi diganti. Berbeda dengan yang sebelumnya, tim appraisal yang baru ini dinilai lebih profesional dan adil dalam.
  • Kamis, 23 Mei 2019 - 16:35:57 WIB

    Dishub Uji Kelayakan Kendaraan Tiga Hari di Dua Pintu Batas Kota

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - Menghadapi lebaran idul fitri 2019, Dinas Perhubungan Kota Padang lakukan uji ulang kendaraan. Uji ulang berlangsung Kamis-Sabtu (22-24/5) di dua pintu masuk batas kota..
  • Kamis, 19 April 2018 - 11:02:23 WIB

    Terkait KEK, Pusat Tinjau Kelayakan Mentawai

    Terkait KEK, Pusat Tinjau Kelayakan Mentawai PADANG, HARIANHALUAN.COM – Rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mentawai terus bergerak. Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Rabu – Sabtu (18–21/4) berada di Mentawai, mendampingi Anggota V Badan Pemeriksa Ke.
  • Ahad, 31 Juli 2016 - 15:27:39 WIB

    Dishubkominfo Sumbar Bakal Terapkan Sistem Baru untuk Uji Kelayakan Kendaraan

    Dishubkominfo Sumbar Bakal Terapkan Sistem Baru untuk Uji Kelayakan Kendaraan PADANG, HALUAN – Banyaknya kasus kecelakaan yang terjadi pada angkutan berpenumpang di Sumatera Barat beberapa tahun terakhir, membuat Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Sumatera Barat akan menerapkan kebijakan u.
  • Rabu, 22 Juni 2016 - 20:08:10 WIB

    Jelang TdS, Kelayakan Jalan dan Hotel di Cek Lagi

    Jelang TdS, Kelayakan Jalan dan Hotel di Cek Lagi PADANG PANJANG, HALUAN-Untuk kedua kalinya, menjelang pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS) tahun 2016, tim dari pemerintah pusat kembali melakukan survei lintasan di Kota Padang Panjang. Sebelumnya, pada survey pertama telah m.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]