Jalan Pessel - Sungai Penuh Masih Buruk


Jumat, 10 Juli 2015 - 20:04:20 WIB

“Tentu kita sangat ber­harap kondisi jalan segera berubah. Kini memang ada titik jalan yang rusak parah. Sementars Lebaran se­ma­kin dekat, perantau Jambi yang ingin pulang ke Pessel melalui jalur Sungai Penuh (Provinsi Jambi) - Tapan akan berhadapan dengan jalan rusak berat dan mem­prihatinkan. Ruas jalan yang menghubungkan dua provin­si itu selain memprihatinkan juga rawan longsor,” katanya.

Kerusakan jalan Tapan - Sungai Penuh telah ber­langsung lama. Kerusakan terhebat ditemui selepas perbatasan Sumbar - Jambi. Lubang - lubang besar me­nga­nga menyambut peng­guna jalan. Sementara jalan tersebut saban hari diguna­kan warga dari dua provinsi.

Menurutnya, di titik lain­nya yakni di beberapa ping­gir jalan, juga banyak ditim­bun material longsor. Ma­terial berupa tanah dan batu me­nimbun saluran air dan ba­­hu jalan. Tidak hanya itu din­ding tebing juga keliha­tan banyak yang labil dan me­ngancam pengguna ja­lan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pessel Era S Munaf menyebutkan, jalan tersebut memang kondisinya mem­prihatinkan. Menurutnya, jalan sepanjang 60 Km itu se­belum naik status meru­pa­kan wewenang dua pro­vinsi. “Khusus bagian wilayah Sum­bar, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi setiap ta­hun­­nya se­lalu melakukan per­­baikan,” katanya men­jelaskan.

Dikatakannya, sisanya yang sedang mengalami ru­sak berat merupakan we­we­nang Provinsi Jambi. Se­mentara di wilayah Pessel hanya ada beberapa titik ruas jalan yang rusak.

Ia mengimbau, warga yang memanfaatkan jalan tersebut untuk berhati hati. “Jalan Tapan - Sungai Penuh memang banyak titik yang rawan longsor, belum lagi kondisi badan jalan yang buruk,” katanya.

Mulsatri (38), warga Pessel yang sedang melintas menggunakan truk me­nye­butkan, jalan rusak yang terjadi di lintasan Pessel – Kerinci sudah lama. Keru­sa­kan itu menurutnya se­perti dibiarkan pemerintah, pa­dahal jalan tersebut sangat berperan untuk pereko­no­mian kedua daerah.

”Yang saya tahu, se­menjak menjadi kondektur bus 20 tahun lalu, jalan disini tidak pernah diperbaiki, kecuali di wilayah Pessel. Jalan setiap hari terus dilin­das kendaraan, sehingga kerusakan terrjadi,” kata­nya. Ia berharap, pemerintah segera memperbaikinya, karena jalan ini menjadi jalur penting bagi Pessel dan Mu­ko Muko Provinsi Beng­kulu. (h/har)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]