Pamong Senior : Kadis Pasar Harus Belajar Dulu


Jumat, 10 Juli 2015 - 20:08:24 WIB

“Walaupun kita sama-sama berada di Sumbar ini, tidak akan sama watak dan karakter pedagang yang ada di Agam dan Kota Padang. Tidak bisa juga pedagang kita dalam penertiban di­siap­kan pasukan untuk me­nertib­kannya. Hanya perlu pen­dekatan dan manajemen pi­m­pinan, agar bekerja deng­an ‘cantik’,” jelas Rusdi Lubis.

Ia berpesan, sebagai ma­n­tan camat yang ber­prestasi pihaknya menilai Endrizal merupakan sosok yang ino­vatif dan inisiatif dalam bertindak. Tidak mungkin dia melakukan sesuatu di luar pemikiran atau di luar rencana.

“Mungkin dia sudah me­la­kukan rencana yang ma­tang. Dan dia meminta se­kali lagi, bahwa watak orang Padang tidak sama dengan watak orang Agam dalam dipimpin. Ada suka dengan cara yang halus,” harapnya.

Ia pun berharap supaya Endrizal mau belajar dan bertanya kepada pemimpin Dinas Pasar yang dulu, se­hingga tidak salah langkah. Karena, sebagai orang baru kalau over acting tidak baik juga untuk kerja ke depanya.

“Namanya orang baru harus penyesuain, jangan dulu over acting, nanti salah di mata orang lain. Pelajari, pelajari dan tanyakan,” tegasnya.

Sementara Wakil DPRD Kota Padang, Wahyu Ira­mana Putra tidak percaya dengan apa yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pasar, Endrizal tersebut. Apalagi dilakukan di depan umum, seperti di Bundaran Air Mancur, Pasar Raya Padang. Jika ingin melakukan pe­latihan dan memarahi ba­wahan, jangan di depan or­ang banyak.

“Ada etika dan cara yang baik bisa dilakukan oleh atasan kepada bawahan. Apa­lagi ini terhadap anggota Satpol PP, yang membantu dia dalam menertibkan dan me­nata Pasar Raya Padang,” ujarnya.

Namun, dia tetap me­minta Walikota Padang un­tuk melihat kebenaran yang ada. Karena, jika itu yang dilakukan Kepala Dinas Pasar yang baru itu, maka tidak akan bisa menata pasar dalam tahun ini.

“Apalagi, janji dalam visi dan misi tinggal satu tahun lagi. Kalau watak seperti itu yang ditugaskan untuk me­nun­taskan Pasar Raya Pa­dang, tidak akan mungkin. Karena, kita sama-sama tahu untuk mengelola Pasar Raya Padang tidak bisa dengan kekerasan, atau dengan cara yang disukai oleh pe­me­rin­tah saja. Harus dengan mu­sya­warah dan duduk ber­sama dengan pedagang,” tegasnya.

Seperti berita se­belum­nya, Kepala Dinas (Kadis) Pasar Kota Padang, Endrizal diduga melakukan tindak kekerasan fisik terhadap beberapa anggota Satpol PP Kota Padang yang sedang dinas di Pasar Raya Padang, Kamis (9/7). Tidak terima, beberapa petugas yang men­jadi korban fisik tersebut melakukan klarifikasi ter­hadap Kadis Pasar apa motif yang mendasari melakukan tindakan tersebut.

Informasi yang di­him­pun Haluan di lapangan, kejadian berawal saat pe­tugas gabungan antara Dinas Pasar dan Satpol PP Kota Padang hendak melakukan penertiban seperti biasanya sekitar pukul 09.15 WIB. Kemudian semua petugas, sekitar 10 orang di­kum­pulkan di Bundaran Air Mancur untuk apel sekaligus pemanasan fisik.

Pembugaran pagi hari itu dipimpin langsung Kadis Pasar dengan adegan pe­manasan, seperti biasa. Na­mun, tak berselang lama Kadis Pasar Padang yang baru saja menjabat sekitar dua minggu itu perintahkan untuk memasang kuda-kuda kepada seluruh petugas.

Secepat itulah ia me­nendang kuda-kuda setiap petugas yang sedang ber­baris. Sekitar enam orang dari anggota Dinas Pasar menjadi korban, hanya bisa menahan sakit di kakinya. Kemudian sekitar tiga orang dari sepuluh personel regu A Satpol PP juga men­dapat­kan perlakuan yang sama.

Anggota dari Dinas Pa­sar, di antaranya Masrizal, Wahyu, Novriandri, Ru­diasmi, Dani, Ari. Ke­mu­dian salah seorang petugas dari Satpol PP, di antaranya bernama Tabrani. (h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 16 Februari 2016 - 03:06:39 WIB

    Satpol Pamong Praja Sergap Sembilan Pelajar Bermain Koa

    PADANG, HALUAN — Ada-ada saja ulah kesembilan pelajar dari SMK I-2 Padang, MTsN Model, dan SMA 2 Padang ini di jam pelajaran sekolah. Bukannya mengikuti pelajaran di dalam kelas, mereka malah asik bermain kartu koa..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]