Harga LPG 3 Kg Melebihi HET


Jumat, 10 Juli 2015 - 20:14:45 WIB

Sekretaris TPPMT Sumbar, Syafrizal Ucok yang juga kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM), Sumbar yang didampingi anggota tim TPPMT, Desrianto Boy kepada media Kamis (9/7) mengatakan, sidak yang dilakukan pada Selasa (7/7) dan Rabu (8/7) dilakukan mengingat banyaknya laporan kecurangan dalam pendis­tri­busian LPG 3 kg di sejumlah kabupen/kota di Sumbar. Selain itu, juga mengantisipasi adanya kelangkaan gas LPG 3 kg di tengah masyarakat menjelang lebaran mendatang.

Sidak tersebut dilakukan kata Syafrizal, di Kabupaten Agam, Bukittinggi, Limapuluh Kota, dan Payakumbuh. Sidak dilakukan di enam pangkalan dan dua agen untuk dijadikan sampel.

Dari temuan tersebut TPPMT menemukan banyak kecurangan salah satunya harga LPG ber­subsidi yang melebihi  HET. Seperti yang ditemukan di Pang­kalan LPG Bukittinggi yang men­jual per­tabung­nya mencapai Rp20.000 dari harga HET Rp17.000.

“Masyarakat sekitar men­ye­but­kan harga yang dijual pangkalan itu melebihi HET. Ini langsung kita beri peringatan,” jelasnya.

Tidak hanya di Bukittinggi, hal tersebut juga ditemukan di agen yang sekaligus sebagai pangkalan di Kabupaten Limapuluh Kota. Harga yang diecer kepada masya­rakat dikawasan tersebut juga melebihi HET. Sementara, untuk pasokan di kawasan tidak menga­lami kendala.

Sementara itu di salah satu pangkalan di Kabupaten Agam ada indikasi pangkalan tidak me­nerima LPG 3 kg dari agennya sesuai dengan leading order (LO). Dimana yang seharusnya pang­kalan tersebut telah menerima 1 LO atau setara 560 tabung pada hari Selasa (7/7) tersebut, namun alokasi tersebut belum dikirimkan oleh agennya, sedangkan alokasi pangkalan tersebut seharusnya sebanyak  4 LO per bulan.

“Ada juga temuan supermarket yang menjual gas bersubsidi ini. Padahal dalam aturannya LPG 3 kg tidak boleh dijual oleh super­market,” imbuhnya.

Tim juga melakukan survei di  SPBE yang berada di Paya­kum­buh. Dalam kunjungan tersebut untuk stok gas tidak mengalami kendala. Stok yang cukup tersebut juga membuat lancarnya pendistri­busian ke masyarakat.

Sementara itu, untuk me­nindak­lanjuti temuan-temuan ini, tim akan lahirkan surat Gubernur yang me­minta pihak Pertamina untuk me­nindaklanjuti temuan tersebut.

Syafrizal Ucok menambahkan, saat ini konvensi LPG 3 Kg ini sudah 78 persen yang di­realisasi­kan. Di Sumbar sudah didistribusi­kan sebanyak 759.407 paket kon­vensi gas dari target sebanyak 971.420 paket. (h/mg-isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]