5 Daerah Belum Terima Bantuan PKH


Jumat, 10 Juli 2015 - 20:15:41 WIB

“Untuk lima daerah yang belum menerima ini dikarenakan data yang belum masuk ke Dinsos. Seperti Men­tawai datanya masih di pusat. Sementara untuk Bukittinggi memang belum mengajukan hingga saat ini. Kota Padang Panjang, dan Sawahlunto proposalnya untuk 2016 mendatang,” imbuhnya.

PKH ini ditujukam untuk me­mu­tus mata rantai kemiskinan, me­ning­katkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta mengubah perilaku yang kurang mendukung peningkatan ke­sejahteraan.

Basis bantuan PKH diarahkan pada Keluarga Sangat Miskin (KSM). Hal itu untuk mengakomodasi prinsip-prinsip bahwa keluarga meliputi orang tua – ayah, ibu dan anak adalah satu unit sangat relevandengan peningkatan kualitas SDM.

Dikatakan Abdul Gaffar, tujuan khusus PKH untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan peserta PKH. Selain itu ujarnya PKH juga untuk meningkatkan taraf pendidikan dan taraf pendidikan peserta PKH status kesehatan dan gizi ibu hamil, ibu nifas, balita dan anak prasekolah anggota KSM.

“Hak peserta PKH menerima ban­tuan uang tunai, menerima pelayanan kesehatan di Puskesmas, Posyandu, Polindes dan menerima pelayanan pendidikan bagi anak usia wajib belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun,” pungkasnya.

Ditambahkannya, dalam perubahan indeks dan komponen bantuan sosial PKH tahun 2015, bantuan maksimal setiap peserta PKH per tahunnya men­capai Rp3.7 juta. “Dimana se­belum­nya pada indeks bantuan tahun 2014 hanya Rp4.7 juta per tahun,” ujarnya.

Abdul Gaffar berharap, PKH dapat memberikan manfaat kepada KSM. Dimana untuk jangka pendek dapat memberikan income effect kepada KSM melalui pengurangan beban pa­nge­luaran rumah tangga miskin.

“Jangka panjang, dapat memutus mata rantai kemiskinan anatar generasi melalui peningkatan kualitas kesehatan, pendidikan dan kapasitas pendapatan anak di masa depan dan juga merubah perilaku keluarga miskin,” tutup­nya. (h/mg-isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]