Harga Pinang Kering Naik


Ahad, 12 Juli 2015 - 18:56:07 WIB
Harga Pinang Kering Naik

“Kami bersyukur harga pinang terus naik dan membaik, dengan begitu beban hidup bisa sedikit terbantu”kata Ponira salah seorang petani pinang di daerah Saringan, Minggu(12/7).

Baca Juga : Palestina Ternyata Tidak Punya Tentara, Ini Alasannya

Menurut Ponira kenaikan harga ini memicu ia dan petani lainnya untuk lebih bersemangat dalam mengambil dan memanen hasil kebunya, jika selama ini ada kecendrungan sedikit malas memanennya kerana harga jual rendah.

“Biasanya kami hanya menjual pada pengepul dalam bentuk bulatan yang langsung diambil dari batangnya. Tapi semenjak harga membaik kita sendiri yang memanen mulai dari mengambil, membelah, menjemur dan menjualnya,” sebut Ponira.

Baca Juga : Korban Luka Berjatuhan Saat Ribuan Orang Palestina Demo Israel di Kota Nablus

Sementara itu Ramaas (55) salah seorang pengepul buah pinang di kampung teleng Sawahlunto mengatakan, bahwa kenaikan harga pinang kering ini sangat tergantung pemesanan dari importir dari India. Selain itu juga ditentukan oleh kualitas dari butiran pinang setelah diolah tersebut. Jika kualitas baik maka nilai jualnya ikut berpengaruh.

“Semenjak sebulan lalu pinang masyarakat kami beli mulai di kisaran Rp12.000 sampai Rp17.000 perkilo, dan biasanya bisa dalam sepekan mengirim sebanyak 3 ton tergantung permintaan pasar,” ungkapnya

Menurut Ramaas, kenaikan maupun penurunan harga jual buah pinang ini tidak bisa diprediksi, karena ia dan pengepul lainnya juga tergantung pada pihak pemesan ataupun permintaan pasar.

“Jika harga permintaan membeli dengan harga tinggi, tentunya kami juga akan membelinya daari masyarakat dengan harga yang sesuai pula,” sebut Mas biasa ia disapa.(h/mg-rki).

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]