Harga Pinang Kering Naik


Ahad, 12 Juli 2015 - 18:56:07 WIB

“Kami bersyukur harga pinang terus naik dan membaik, dengan begitu beban hidup bisa sedikit terbantu”kata Ponira salah seorang petani pinang di daerah Saringan, Minggu(12/7).

Menurut Ponira kenaikan harga ini memicu ia dan petani lainnya untuk lebih bersemangat dalam mengambil dan memanen hasil kebunya, jika selama ini ada kecendrungan sedikit malas memanennya kerana harga jual rendah.

“Biasanya kami hanya menjual pada pengepul dalam bentuk bulatan yang langsung diambil dari batangnya. Tapi semenjak harga membaik kita sendiri yang memanen mulai dari mengambil, membelah, menjemur dan menjualnya,” sebut Ponira.

Sementara itu Ramaas (55) salah seorang pengepul buah pinang di kampung teleng Sawahlunto mengatakan, bahwa kenaikan harga pinang kering ini sangat tergantung pemesanan dari importir dari India. Selain itu juga ditentukan oleh kualitas dari butiran pinang setelah diolah tersebut. Jika kualitas baik maka nilai jualnya ikut berpengaruh.

“Semenjak sebulan lalu pinang masyarakat kami beli mulai di kisaran Rp12.000 sampai Rp17.000 perkilo, dan biasanya bisa dalam sepekan mengirim sebanyak 3 ton tergantung permintaan pasar,” ungkapnya

Menurut Ramaas, kenaikan maupun penurunan harga jual buah pinang ini tidak bisa diprediksi, karena ia dan pengepul lainnya juga tergantung pada pihak pemesan ataupun permintaan pasar.

“Jika harga permintaan membeli dengan harga tinggi, tentunya kami juga akan membelinya daari masyarakat dengan harga yang sesuai pula,” sebut Mas biasa ia disapa.(h/mg-rki).

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 20 Juni 2020 - 23:01:54 WIB

    Di Negara Ini Harga Bensin Tiap Hari Naik

    Di Negara Ini Harga Bensin Tiap Hari Naik HARIANHALUAN.COM – Para pengusaha stasiun pengisian bahan bakar umum mengalami kerugian yang cukup banyak, akibat dampak dari wabah virus COVID-19. Hal ini terjadi di seluruh dunia, termasuk negara-negara di Asia..
  • Senin, 25 Mei 2020 - 07:28:01 WIB

    Hoki Parah! Kakak-Beradik Ini Temukan Emas Seharga Rp1,2 Miliar di Tengah Pandemi Covid-19

    Hoki Parah! Kakak-Beradik Ini Temukan Emas Seharga Rp1,2 Miliar di Tengah Pandemi Covid-19 HARIANHALUAN.COM -- Menjalani hari-hari dalam suasana lockdown atau karantina wilayah selama pandemi Covid-19 terkadang membosankan dan orang tua sulit membuat anak-anak terhibur..
  • Senin, 13 April 2020 - 09:57:24 WIB

    Sepakat Pangkas Produksi, Harga Minyak Dunia Tak Berubah

    Sepakat Pangkas Produksi, Harga Minyak Dunia Tak Berubah INTERNASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Harga minyak dunia sedikit berubah pada Minggu (12/4/2020), setelah produsen utama mencapai kesepakatan pemangkasan produksi 10 juta barel per hari..
  • Rabu, 01 April 2020 - 08:05:26 WIB

    Karena Corona, Harga Minyak Dunia Anjlok Lebih dari 50 Persen

    Karena Corona, Harga Minyak Dunia Anjlok Lebih dari 50 Persen INTERNASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Harga minyak dunia terus mengalami tekanan akibat merebaknya virus corona atau Covid-19 di sejumlah negara di dunia. Hingga kuartal 1 2020 ini, harga minyak sudah anjlok lebih dari 50 persen.
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 12:15:40 WIB

    Harga Bensin di AS Diobral Jadi Rp4.200 per Liter

    Harga Bensin di AS Diobral Jadi Rp4.200 per Liter JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wabah virus corona COVID-19 yang sebelumnya melanda Asia dan Eropa, kini sudah mulai menyebar di benua Amerika. Dalam sehari, 16 ribu warga AS terjangkit penyakit tersebut..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]