Berselang Dua Hari Petugas Pemadam Berjibaku


Ahad, 12 Juli 2015 - 19:04:30 WIB

Informasi yang di­him­pun menyebutkan, kejadian itu berawal ketika salah seorang warga melihat ada­nya asap tebal yang mem­bum­bung tinggi dan sontak berteriak, sehingga me­ngu­n­­dang warga lain untuk da­tang ke lokasi.

Warga sekitar yang telah berada di lokasi, berusaha memadamkan dengan alat seadanya. Namun api d­e­ng­an cepat membesar dan menye­bar, sehingga ke­suli­tan me­ngen­dalikan api. Sa­lah se­o­rang warga langsung me­n­ghubungi BPBD&PK Kota Padang.

Tak lama kemudian, be­berapa personil dan be­be­rapa mobil pemadam tiba di lokasi kebakaran untuk me­la­kukan pemadaman. Selain itu, petugas Polsek Koto Tangah juga tiba di lokasi untuk mengamankan TKP.

Kemudian sekitar pukul 13.30 WIB, kebakaran hebat terjadi pada satu unit ba­ngu­nan berukuran  20x15 me­ter di Durian 3 Batang RT 03 RW 05, Kelurahan Ko­ro­ng Gadang, Kecamatan kuranji, sekitar pukul 13.30 WIB.

Akibat kejadian itu, pe­milik bangunan Murkan Lubis (45) menderita ke­ru­gi­an ditaksir hingga Rp250 juta. Sementara dari ke­te­rangan saksi, asal api diduga dari anak-anak yang bermain api di dalam rumah. Api dapat dipadamkan setelah empat unit armada dan 48 personil diterjunkan.

Kalaksa BPBD&PK Ko­­ta Padang, Dedi Henidal me­ngatakan, setelah men­da­patkan informasi adanya kebakaran, anggota yang standby langsung berangkat melakukan pemadaman di dua lokasi kebakaran. Un­tuk menjinakkan api di ka­wasan Kelurahan Kuranji, petugas sempat terkendala saat ke lokasi, karena jalan terlalu kecil dan banyak polisi tidur, sehingga me­m­a­kan waktu untuk sampai ke TKP.

“Untuk melakukan pe­ma­daman, kami me­nurun­kan tiga unit armada dengan 51 personil. Saat kami tiba di lokasi kejadian, api sudah membesar dan dalam ke­jadian itu tidak ditemukan korban jiwa,” kata Dedi.

Sementara Kapolresta Padang Kombes Pol Wisnu Andayana melalui Kapolsek Kuranji Kompol Asril Pra­set­ya mengatakan, dalam sehari telah terjadi dua kali kebakaran. Setelah men­dapatk­an informasi, anggota langsung nendatangi lokasi kejadian untuk melakukan pengamanan.

“Kami telah memasang garis polisi di sekeliling rumah tersebut dan men­catat keterangan saksi di lokasi. Dalam kejadian itu tidak ditemukan korban jiwa, namun ditaksir korban mengalami kerugian hingga ratusan juta,” ujar Asril.

Sementara untuk pen­ye­bab pastinya ke­ba­karan, kata Asril, belum bisa me­mas­tikan dan masih dalam pen­ye­li­di­kan. Namun dari informasi yang diperoleh di lapangan, penyebab ke­ba­karan di­per­kira­kan dari arus pendek dan diduga api be­rasal dari ledakan sekring rumah. (h/mg-isq)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]