CV. Episindo Segera Layangkan Gugatan Perdata


Ahad, 12 Juli 2015 - 19:06:06 WIB

“Ada beberapa pasal yang telah dilanggar seperti tidak pernah menjalankan kewa­jibannya sebagaimana yang tercantum di dalam pasal kedua kontrak, dalam hal ini menyediakan lahan parkir serta menyediakan kantor untuk pihak kedua tidak pernah dilakukan oleh p­i­hak pertama,” sebut Epi kepada wartawan.

Perjanjian kerjasama an­tara RSUP. Dr. M. Djamil Padang dengan CV. Episindo yang dilakukan selama dua tahun terhitung dari tahun 2013 hingga 31 Juli 2015 belum jatuh tempo. Namun, pihak pertama, dalam hal ini RSUP. Dr. M. Djamil ter­nyata telah melakukan ten­der lelang pengelolaan par­kir hingga mendapatkan pemenang pihak lain yang akan menjadi pihak kedua sebagai pengelola parkir di Rumah Sakit tersebut. Per­buatan RSUP. Dr. M. Djamil Padang selaku pihak per­tama ini ternyata mengun­dang reaksi dari pihak ke­dua, dalam hal ini CV. Episindo.

“Dalam perjanjian ker­jasama kontrak dengan tegas disebutkan, perjanjian ini akan berakhir dan jatuh tempo pada tanggal 31 Juli 2015. Namun jauh sebelum jatuh tempo, pihak pertama ternyata telah melakukan lelang sepihak pengelolaan parkir tanpa adanya pem­beritahuan kepada kami, selaku pihak kedua. Ini su­dah jelas melanggar kontrak kesepakatan perjanjian atau wanprestasi,” sebut Epi Son­diah, Direktur CV. Episindo kepada wartawan, kemarin.

Untuk lahan parkir saja, sebut Epi, harus dilakukan oleh pihak kedua (CV. Epi­sindo) yang melakukan pe­nimbunan lahan parkir. Dan untuk kantor CV. Episindo sendiri, dibangun sendiri oleh CV. Episindo, bukan disediakan oleh pihak per­tama, dalam hal ini RSUP. Dr. M. Djamil.

Dalam jumpa pers di ruang kerjanya, kemarin (12/7) Direktur CV. Epi­sindo, Epi Sondiah menga­takan akan membawa per­soa­lan ini ke ranah hukum jika tidak ada itikad baik Direktur RSUP M. Djamil, untuk menyelesaikan per­soalan ini.

Berdasarkan isi surat perjanjian kerjasama, sebut Epi Sondiah, jangka waktu perjanjian yang tertuang dalam perjanjian tersebut selama dua tahun sejak tang­gal 1 Agustus 2013 sampai dengan 31 juli 2015. Kemu­dian sambungannya dalam pasal 8 ayat 2 tertulis bahwa apabila pihak kedua (CV. Episindo) menurut pe­ni­laian pihak pertama tidak memenuhi ketentuan/pera­turan yang ditetapkan pihak pertama maka perjanjian ini dapat diputus oleh pihak pertama dengan mem­beri­tahukan terlebih dahulu selambat-lambatnya satu bulan sebelum pemutusan hubungan kerja, dan apabila jangka waktu pelaksanaan perjanjian berakhir, maka perjanjian ini dapat diper­panjang atas persetujuan para pihak. “Sedangkan da­lam hal ini pihak RSUP M. Djamil memutus kontrak sepihak tanpa mem­berita­hukan terlebih dahulu kepa­da saya. Selain itu menurut informasi yang saya dapat, pihak RSUP. M. Djamil telah melakukan lelang un­tuk pengelola parkir yang baru, ini jelas tindakan wan­prestasi,” sebut Epi kepada awak media.

Kemudian, lanjut Epi selama ia mengelola parkir hampir dua tahun ini , pihak­nya tidak pernah mela­ku­kan pelangggaran yang bisa mengakibatkan keluarnya surat teguran.

Untuk itu, lanjut Epi CV. Episindo akan tetap berta­han di RSUP M. Djamil hingga pihak RSUP M. Dja­mil menyelesaikan kontrak kerjasama ini  secara mus­ya­warah ataupun me­nem­puh jalur hukum.

Dilain pihak, saat dikon­firmasi, Direktur Utama RSUP. M. Djamil Irayanti membenarkan jika pihak RSUP sedang mengadakan lelang terbuka LPSE untuk mengelola perparkiran M. Djamil. “Kerjasama dengan pihak CV. Episindo akan berakhir pada 31 juli men­datang, makanya kami mela­kukan lelang terbuka untuk menggantikan pengelola parkir yang baru,”sebut Ira­yanti kepada wartawan.

Terkait pihak RSUP yang disuga menyalahi isi perjanjian pasal 8 ayat 2 tertulis bahwa apabila pihak kedua (CV. Episindo) me­nurut penilaian pihak per­tama tidak memenuhi ke­tentuan/peraturan yang ditetapkan pihak pertama maka perjanjian ini dapat diputus oleh pihak pertama dengan memberitahukan terlebih dahulu selambat-lambatnya satu bulan sebe­lum pemutusan hubungan kerja,  Irayanti enggan ber­komentar. “Kalau tentang isi perjanjian saya no com­ment, yang jelas lelang ini kami adakan secara terbu­ka,” pungkasnya. (h/hel)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]