MK, FB dan NA Tak Lolos di Gerindra


Ahad, 12 Juli 2015 - 19:08:34 WIB
MK, FB dan NA Tak Lolos di Gerindra

Ketua Pansel DPW Ge­­rindra Sumbar, Zul­kifli Jailani mengatakan, se­belum­nya dari 11 calon yang mendaftar tersebut sudah dilakukan be­berapa tahapan seperti ke­leng­kapan administrasi. Terakhir, pihaknya juga mengirimkan daftar isian via email kepada semua calon. Dalam daftar isian tersebut terang Zulkiflii, setidaknya terdapat sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan komitmen calon untuk diusung oleh Partai Gerindra sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur pada pilkada 9 Desember 2015 mendatang. “Kita sudah kirimkan daftar isian kepada seluruh calon dan memberikan waktu yang cukup panjang untuk mengisi dan mengem­balikannya ke DPW,” ungkapnya, Minggu (12/7).

Baca Juga : Mulai Besok! Destinasi Wisata di Padang akan Tutup Selama Tiga Hari

Sementara terkait alas an lima nama yang dinyatakan tidak lolos seleksi untuk selanjutnya diajukan ke DPP Gerindra tersebut terang Zulkifli, antara lain dikarenakan tidak mengembalikan daftar isian yang telah dikirim panitia via email masing-masing calon. Ketika ditanyakan alasan yang bersangkutan tidak mengembalikan daftar isian tersebut, menurutnya banyak sekali kemungkinan misalnya calon berfikir bahwa tidak mungkin terjadi koalisi dengan partai PKS, Gerindra, atau PAN, atau calon sudah punya lobi-lobi sendiri di DPP, sehingga mengabaikan proses yang dilakukan oleh Pansel.

Sementara itu, untuk kabupaten kota masih dalam proses karena ada terjadi perubahan pasca keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) beberapa waktu lalu. Karena ada dari beberapa kabupaten kota, dan provinsi yang menyatakan ketidaksiapan mereka untuk maju setelah mendengar putusan MK tersebut. “Kita kan dulu sudah kirim ke pusat beberapa nama tapi sebelum keluarnya putusan MK ini, dan setelah keluarnya putusan ini ada dari calon yang mundur dan menyatakan tidak siap. Makanya ada beberapa kabupaten kota yang dilakukan peru­bahan. Namun untuk calon yang jelas-jelas tidak siap (mundur), adalah dari Epinaldi dari Padang Pariaman,” ujarnya.

Baca Juga : Alhamdulillah! Tiga Tahanan Rutan Padang Bebas di Hari Lebaran

Diperkirakan 30 persen dari 11 kabupaten kota yang menyatakan ketidaksiapan untuk maju, namun pihaknya belum mendapatkan pe­ngun­duran secara resmi dari calon seperti dari Pasaman Barat, Bukittinggi, dan yang lainnya. “Untuk calon gubernur tersebut sudah direkomendasikan Sabtu (11/7) lalu. Idealnya kan dilakukan survei bagi calon ini, gunanya untuk melihat peluang dan tingkat keterpilihan calon, elektabilitas, popularitas dan kecocokan pasangan calon,” tambahnya seraya menyebut, jika reko­mendasi nama pasangan cagub dan cawagub akan keluar pada 24 Juli 2015 mendatang. (h/mg-rin)

BERITA POPULER Index »


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]