Tanpa PPID, Badan Publik Dipastikan Tertutup


Ahad, 12 Juli 2015 - 19:12:44 WIB

Pasalnya kata Arfitriati, PPID itu pintu gerbang ke­terbukaan di sebuah ba­dan publik.  "PPID punya ke­wenangan mengklasifikasi informasi sampai menjamin informasi yang di­ke­cua­likan, jadi kalau PPID tidak ada itu melanggar UU Ke­terbukaan Informasi Publik, dimana sejak 2010 sudah harus ada PPID di setiap ba­dan publik itu,"ujar Arfitriati didampingi Komisioner KI Sumbar Adri­an ­dan PPID KI Sumbar Fifi.

Adrian menambahkan, PPID harus diback-up fa­silitas dan anggaran sesuai tuntutan UU 14 Tahun 2008. "Jangan disepelekan tu­gas­nya, karena yang akan men­jadi sasaran tembak pe­la­yanan informasi di badan publik itu adalah PPID, justru yang akan duduk sebagai termohon di sidang sengketa informasi publik adalah PPID sebagai kuasa dari ata­sannya,"ujar Adrian di KI Sumbar mem­bidangi Penyelesaian Seng­keta Informasi.

Pejabat Pengelola Infor­masi dan Dokumentasi? (PPID) Pemerintah Ka­bu­paten Padang Pariaman, Hen­dra Aswara mengatakan untuk menjalankan UU 14 Ta­hun 2008, PPID telah di­per­kuat dengan Ke­pu­tusan Bupati.

"Sejak berlakunya UU 14 Tahun 2008 tentang Ke­terbukaan Informasi Publik, Padang Pariaman telah me­nerbitkan beberapa regulasi, salah satunya Peraturan Bu­pati Nomor 18 Tahun 2014 tentang Standar Operasional Layanan Informasi Publik Ba­gi PPID dilingkungan Pemkab Padang Pa­ria­man,"ujar Hendra.

Selain Peraturan Bupati, juga kata Hendra, Padang Pariaman sejak 2014 telah me­netapkan Daftar infor­masi publik di Badan Publik Pemkab Padang Pariaman, lalu Keputusan Bupati ten­tang penetapan PPID dan PPID Pembantu di Pemkab Padang Pariaman.

Sementara Sekretaris PPID Pemkab Padang Pa­riaman, Heri Sugianto me­ngatakan sejak  2014 telah melakukan pelayanan infor­masi sesuai ketentuan Stan­dar Pelayanan Informasi Publik yang diatur oleh Peraturan Komisi In­for­masi Nomor 1 Tahun 2010. "Standar itu kita apli­kasikan dalam standar pelayanan informasi di Pemkab Pa­dang Pariaman,"ujar Heri.

Untuk memberikan ak­ses pelayanan informasi pu­blik, di web pa­dang­pa­ria­mankab.go.id sudah me­mi­­liki ruang PPID ter­sen­diri, juga masyarakat bisa me­ngakses informasi lewat SMS, email, maupun fa­cebook dan twitter."Ini se­mua ada, tidak lepas dari political wiil Pak Bupati dan DPRD Padang Pariaman terkait arti penting dari PPID,"ujar Heri. (h/rel)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]