Bawaslu Kemukakan Titik Rawan Pelanggaran Pilkada


Senin, 13 Juli 2015 - 19:15:59 WIB
Bawaslu Kemukakan Titik Rawan Pelanggaran Pilkada

“Dalam mencegah terja­dinya pelanggaran, penga­was Pilkada dan ma­sya­rakat harus memiliki kesadaran dan pemahaman bahwa terdapat potensi pe­lang­garan yang harus dian­tisipasi,” katanya, saat so­sialisasi di Aula STAIN Batusangkar, Senin (13/7).

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif: 443, Sembuh: 291, dan Meninggal Dunia: 9 Kasus

“Pemilihan kepala dae­rah merupakan kompetisi politik yang rentan ter­jadi­nya pelanggaran,” tambah Elly. Ia menyebut Pilkada yang sarat dengan pelang­garan akan beresiko pada terganggunya pelaksanaan Pilkada yang berintegritas dan hasilnya dapat diterima oleh rakyat.

“Untuk menjamin kua­li­tas dan integritas Pilkada Gu­bernur, Bupati, dan Wali­ko­ta tahun 2015, diperlukan ada­nya pengawasan seluruh ta­­hapan dan aspek pemi­li­han oleh pengawas pemili­han dan masyarakat,” kata­nya.

Baca Juga : Waduh! Masyarakat Batu Basa Tak Terapkan Prokes Saat Salat Idul Fitri

Sementara itu, Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar Hardizon Bahar menga­takan dalam menjalankan tugas pengawasan tahapan Pilkada, pengawas pemi­lihan membutuhkan duku­ngan administratif dan tek­nis operasional dari jajaran petugas kesekretariatan.

“Tanpa dukungan ad­ministratif dan teknis ope­rasional, mustahil anggota pengawas pemilihan yang hanya tiga orang setiap dae­rah dapat melakukan tugas pengawasan,” katanya. Oleh karena itu, jelasnya, per­sonil kesekretariatan me­miliki peran strategis dalam me­nyukseskan pesta de­mokrasi ini.

Pada kesempatan itu juga memberikan sosialisasi ang­gota Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen mengenai strategi pengawasan dan pencegahan pelanggaran, dan Aer­ma­depa tentang penanganan pelanggaran dan penye­lesa­ian sengketa Pilkada. (h/ant)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]