Bawaslu Kemukakan Titik Rawan Pelanggaran Pilkada


Senin, 13 Juli 2015 - 19:15:59 WIB

“Dalam mencegah terja­dinya pelanggaran, penga­was Pilkada dan ma­sya­rakat harus memiliki kesadaran dan pemahaman bahwa terdapat potensi pe­lang­garan yang harus dian­tisipasi,” katanya, saat so­sialisasi di Aula STAIN Batusangkar, Senin (13/7).

“Pemilihan kepala dae­rah merupakan kompetisi politik yang rentan ter­jadi­nya pelanggaran,” tambah Elly. Ia menyebut Pilkada yang sarat dengan pelang­garan akan beresiko pada terganggunya pelaksanaan Pilkada yang berintegritas dan hasilnya dapat diterima oleh rakyat.

“Untuk menjamin kua­li­tas dan integritas Pilkada Gu­bernur, Bupati, dan Wali­ko­ta tahun 2015, diperlukan ada­nya pengawasan seluruh ta­­hapan dan aspek pemi­li­han oleh pengawas pemili­han dan masyarakat,” kata­nya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar Hardizon Bahar menga­takan dalam menjalankan tugas pengawasan tahapan Pilkada, pengawas pemi­lihan membutuhkan duku­ngan administratif dan tek­nis operasional dari jajaran petugas kesekretariatan.

“Tanpa dukungan ad­ministratif dan teknis ope­rasional, mustahil anggota pengawas pemilihan yang hanya tiga orang setiap dae­rah dapat melakukan tugas pengawasan,” katanya. Oleh karena itu, jelasnya, per­sonil kesekretariatan me­miliki peran strategis dalam me­nyukseskan pesta de­mokrasi ini.

Pada kesempatan itu juga memberikan sosialisasi ang­gota Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen mengenai strategi pengawasan dan pencegahan pelanggaran, dan Aer­ma­depa tentang penanganan pelanggaran dan penye­lesa­ian sengketa Pilkada. (h/ant)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 09 April 2020 - 15:45:20 WIB

    Bawaslu Agam Lakukan Aksi Solidaritas Donor Darah dan Bagi-bagi Masker

    Bawaslu Agam Lakukan Aksi Solidaritas Donor Darah dan Bagi-bagi Masker LUBUKBASUNG, HARIANHALUAN.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam merayakan hari jadi yang ke ke-12 tahun dengan mengangkat tema Bangun Solidaritas Kebangsaan Melawan Covid-19. .
  • Kamis, 09 April 2020 - 14:10:56 WIB

    Bawaslu Pasaman Gelar Aksi Peduli Covid-19 Peringati Harlah 12 Tahun

    Bawaslu Pasaman Gelar Aksi Peduli Covid-19 Peringati Harlah 12 Tahun PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menggelar Aksi Peduli Covid-19 memperingati 12 tahun berdirinya lembaga keadilan Pemilu tersebut, Kamis (09/04)..
  • Rabu, 08 Januari 2020 - 22:38:53 WIB

    Komisioner Bawaslu Bukittinggi Kunjungi Kejari

    Komisioner Bawaslu Bukittinggi Kunjungi Kejari BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Komisioner Bawaslu Bukittinggi bersilaturahmi dengan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bukittinggi di ruang kerja Kajari Bukittinggi, Rabu (8/1) siang..
  • Jumat, 03 Januari 2020 - 23:39:19 WIB

    Bawaslu Solsel Surati Bupati dan Wabup Agar Tak Mutasi Pejabat

    Bawaslu Solsel Surati Bupati dan Wabup Agar Tak Mutasi Pejabat SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solsel menyurati bupati dan wakil bupati setempat supaya tidak melakukan mutasi pejabat terhitung 8 Januari 2020. Hal ini disampaikan, Ade Kurnia Zelli selaku .
  • Senin, 15 Juli 2019 - 21:15:10 WIB

    Anggaran KPU dan Bawaslu Sumbar Akan Diakomodir 

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPRD bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar mulai merancang Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2020. Sejumlah poin strategis masuk dalam komposi.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]